Ribuan Masyarakat Siak Padati Pemilu Run 2019

Loading...

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Pergelaran acara Pemilu Run 2019 yang dilaksanakan di Taman Mahratu Siak Sri Indrapura, Minggu (7/4/2019), berlangsung meriah dan diikuti ratusan peserta. Acara ini dilepas langsung oleh Sekda Kabupaten Siak, HTS Hamzah beserta Komisioner KPU Siak, Kapolsek Siak, dan pejabat lainnya.

Tampak antusias masyarakat mengikuti kegiatan tersebut, tak berapa lama kemudian 15 orang finish pertama mendapat medali dan hadiah dari pihak panitia. Tak hanya itu, pihak KPU pun telah menyiapkan sejumlah dorprize untuk di bagikan kepada peserta yang beruntung.

Ketua KPUD Siak Ahmad Rizal menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya pelaksanaan pemilu dan Pilpres serentak kepada masyarakat.

"Tingkat partisipasi kita pada pemilihan umum, Pilkada dan Pilgubri kemarin cukup rendah. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa menggunakan hak suaranya dengan baik",  kata Ahmad Rizal.

Pemilu Run 2019, lanjut dia, adalah kegiatan sosialisasi Pemilu serentak 2019 melalui olah raga lari yang melibatkan segenap masyarakat calon pemilih dan stakeholder kepemiluan sebagai pesertanya.

Ahmad Rizal menjelaskan, bahwa saat Pemilu 2019 nanti, ada lima warna kertas suara yang disediakan untuk pemilih. "Di tempat pemungutan suara (TPS) nanti ada lima warna kertas suara dan kotak surat suara yang disediakan untuk pemilih", jelas Ahmad Rizal.

Pertama, warna abu-abu untuk surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Kedua, warna kuning surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).
 
Ketiga, warna Merah surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI). Keempat, warna biru surat suara Pemilu untuk untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRD Provinsi).

Dan terakhir, warna hijau surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota (DPRD Kabupaten/Kota).

Ia berharap agar masyarakat bisa hadir tepat waktu, karena ada lima surat suara yang akan di coblos. Dan itu perlu bagi pemilih untuk hadir tepat waktu, agar kemudian tidak ada buru-buru dalam memilih.

Kegiatan fun run ini diharapkan akan menggerakan hati dan pikiran masyarakat secara luas, utamanya bagi kaum muda untuk ikut berpartisipasi aktif dalam Pemilu, dengan cara datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada hari Rabu, tanggal 17 April 2019 nanti.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak H TS Hamzah berharap, target partisipasi publik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, sebesar 77,5 persen dapat tercapai.

Partisipasi politik masyarakat tersebut yang menjadi alat ukur keberhasilan pemilu. Ia mengharapkan  seluruh masyarakat yang hadir untuk menginformasikan kepada keluarga, tetangga, dan kerabat, agar bersama-sama hadir di TPS pada 17 April mendatang.

"Kami mengajak masyarakat untuk pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 dan menggunakan hak pilihnya", pintanya.

Hamzah menjelaskan, tahun ini adalah Pemilu serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Oleh karena itu ia mengimbau agar masyarakat menjaga ketertiban dilingkungan masing-masing, sehingga Pemilu mendatang dapat berjalan dengan aman, damai, dan berkualitas. (Van/rls)

 


Loading...

[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar