Tiga Bayi Busung Lapar Ditemukan di Kecamatan Teluk Meranti

Bayi penderita gizi buruk di Kecamatan Teluk Meranti

TELUK MERANTI (Riaubernas.com) - Tiga bayi diKecamatan Teluk Meranti di indikasikan menderita busung lapar. Dua diantara bayi itu masih berusia di bawah satu tahun, sedangkan satu lagi berusia 1.1 tahun.

Bayi terjangkit penyakit kekurangan gizi akut dari kecamatan perairan ini adalah M. Alrasyif, Caca angelina dan Rafa pratama.

Pegiat sosial Dedy Azwandi menyebutkan bahwa keberadaan ketiga bayi dari keluarga miskin ini memang agat terlambat di temukan karena tempat tinggalnya agak jauh di pelosok kampung

"Rumahnya agak jauh ke dalam. Jadi agak terlambat di temukan olehbkawan kawan di lapangan," kata Dedi, Sabtu (30/3)

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini kondisi ketiga bayi malang itu dibawa ke Puskesmas Teluk Meranti dan sudah ditangani oleh Dinas Kesehatan.

"Sudah di bawa ke dokter, saat ini di bawah penanganan diskes," inbuhnya

Karena berasal keluargabtak berpunya, untuk mencukupu asupan gizi si bayi. Dedi mengaku sudah mendapatkan bantuan dari beberapa donatur untuk membeli susu.

"Memang dari keluarga miskin, kebetulan ni lagi beli susu, ada bantuan dari hamba Allah nitip ke kita tadi," tandasnya

Kepala Puskesmas Teluk Meranti Magdaleni membenarkan ada tiga bayi di wilayah kerjanya yang mengalami gizi tak seimbang.

"Bukan busung lapar. Badan bayi bayi tumbuh tidak normal, kekurangan gizi. Gizi buruk seperti itu," tetangnya

Magdaleni membeberkan bahwa ketiga bayi di temukan oleh petugas Puskesmas ketiga melakukan kegiatan penimbangan bayi rutin ke kelurahan dan desa desa.

"Ketika kita mendapatkan laporan, kita langsung datangi rumah mereka. Kita tabgangi sesuai prosedur. Mulai dokter umum sampai dokter anak," bebernya

Setelah standar penanganan pasien dilakukan, pihaknya juga menjalin komunikasi dengan pihak pemerintah kecamatan.

"Sudah kita tangani, sekarang dinas kesehatan yang menangani, untuk gizi buruk, ada juga bantuan susu yang kita sediakan," pungkasnya. (Apon)

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar