Buka Sosialisasi STBM, Ini Kata Camat Pangkalankuras

PELALAWAN, RIAUBERNAS. COM - Dalam Rangka mewujudkan cita cita Sustainable Development Goals (SDGs) 6 di Kabupaten Pelalawan tentang Akses Air Bersih dan Sanitasi yang layak di masyarakat dan melaksanakan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 132 Tahun 2013 tentang Stop Buang Air Besar Sembarangan melalui Aksi Penggunaan Jamban Sehat Keluarga, melaksanakan Sosialisasi STBM di aula Kantor Camat Pangkalankuras,  Jum'at (8/3/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh Lurah,  Babinsa,  Bhabinkamtibmas dan 16 Kadis di Kecamatan Pangkalankuras ini dibuka oleh 
Camat Pangkalankuras,  Firdaus Wahidin, dengan narasumber yakni Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Diskes Riau,  Dewani Skm.M.Kes, didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Diskes Pelalawan, dr Ahmad Krinen.

Dalam sambutannya,  Camat Pangkalankuras Firdaus Wahidin menyampaikan apresiasinya terhadap peserta pertemuan kelembagaan percepatan pencapaian target STBM di daerah ini.  Menurutnya,  dengan adanya sosialisasi STBM ini wilayah kecamatan, desa serta dusun di Pangkalankuras ini bisa terbebas dari buang air besar sembarangan (SBS). 

"Dengan mulai ditetapkannya instruksi ini sampai kegiatan ini sudah terimplementasi di seluruh desa di Kabupaten Pelalawan atau tercapainya kabupaten bebas buang Air besar sembarangan," harapnya.

Sementara Dewani dari Diskes Provinsi Riau di kesempatan tersebut mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mencapai kondisi sanitasi melalui Pemberdayaan Masyarakat yang meliputi 3 komponen yakni penciptaan lingkungan yang mendukung, peningkatan kebutuhan sanitasi, peningkatan penyediaan sanitasi dan pengembangan inovasi sesuai dengan kontek wilayah.

"Terkait hal tersebut, Kementerian  Kesehatan mengeluarkan Pedoman Pelaksanaan STBM (Manlak STBM) yang disusun dengan tujuan memberikan pemahaman secara utuh kepada semua pelaku STBM mulai dari tingkat Nasional sampai ke tingkat Desa/kelurahan," katanya.

Lanjutnya,  dan ini dijadikan acuan dalam pelaksanaan pendekatan STBM bagi para pengambil keputusan dan pengelola kegiatan di beberapa tingkatan agar program ini dapat berjalan secara efektif dan efesien. (syari'i) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar