HUT PGRI ke 73 Berlangsung Sukses, Ini Pesan Bupati Pelalawan

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI Ke 73 di Kabupaten Pelalawan, yang dipusatkan di Kecamatan Bandar Seikijang dari tanggal 23 sampai 26 November 2018, berlangsung sukses.

Berbagai acara dan lomba digelar oleh panitia guna memeriahkan hari istimewa bagi para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut. Tak kurang dari 5000 masyarakat Kecamatan Bandar seikijang ikut meramaikan kegiatan jalan santai, yang menjadi salah satu bagian dari acara HGN dan HUT PGRI.

Hal ini disampaikan oleh Ketua PGRI Pelalawan, Anton Timur Jaelani, via selulernya, Senin (26/11/2018). Menurutnya, kesuksesan acara ini berkat kerjasama seluruh panitia yang telah bahu-membahu, sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik.

"Jujur, ini adalah gawe pertama semenjak saya dilantik menjadi Ketua PGRI Pelalawan. Saya apresiasi pada kawan-kawan panitia atas kerjasamanya, sehingga perhelatan para guru ini berlangsung sukses.  Segala kekurangan yang ada saat ini akan kita perbaiki tahun depan," kata Anton, seraya mengatakan bahwa tahun depan Kecamatan Pelalawan yang akan mendapatkan giliran sebagai tuan rumah HUT PGRI tingkat kabupaten.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pelalawan HM Harris, yang didaulat sebagai pembina upacara,  menyatakan apresiasinya atas suksesnya acara HUT PGRI ini. Menurutnya, sampai saat ini peran guru begitu vital dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Karena itu, mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu cita-cita nasional Indonesia merdeka," tandasnya.

Menyinggung soal literasi, Harris menegaskan, bahwa peran guru dan pendidik sangat dituntut dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa dalam menyongsong Indonesia Emas di tahun 2025.

"Persaingan global menuntut kita untuk menyiapkan anak bangsa. Sehingga kita tidak hanya menjadi penonton, namun pelaku perubahan. Karena itu, saya tak bosan-bosannya mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk melakukan perubahan bergerak maju. Selain mencerdaskan masyarakat dengan mengajak membaca buku, juga merealisasikan ilmu yang didapat dengan berbuat, berprestasi, dan berkarya," tukasnya.

Di acara tersebut, Bupati Pelalawan juga berkenan memberikan penghargaan literasi untuk tingkat Kabupaten pada Kepsek SMAN 3 Langgam, Jurniati, S.Pd, M.Pd, Guru SMPN 1 Langgam Yossilia, S. Pd,M. Pd. Sedangkan penghargaan literasi bagi siswa, diraih oleh Siswa SMAN 1 Pangkalan Kerinci Elsa Nuradillah, Siswa SMA Mutiara Harapan Wiratama Pangkalan Kerinci Patricia Permata Putri Pane, Siswa SMP Global Andalan Pangkalan Kerinci Keysia Maygreace Manik, dan siswa SMP Mutiara Harapan Duin Valentina.

Sementara, untuk juara umum di HUT PGRI ke 73 ini, diraih oleh Kecamatan Ukui dengan nilai 18 poin, disusul Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan poin 16, dan peringkat ketiga diraih oleh Kecamatan Pangkalan Kuras dengan nilai 12. (ndy)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar