Rokan Hilir Terima Penghargaan Proklim Dari Kementrian LHK

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir Suwandi, S.sos.

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hilir lewat Program iklim (Proklim), yang diserahkan oleh menteri lingkungan hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan diterima Bupati Rohil H.Suyatno.

Penghargaan yang diterima pemerintah Rokan Hilir dari kementerian LHK, dinilai Rokan Hilir telah berhasil membina dan secara aktif melaksanakan proklim utama di Cibaliung kampung Balai jaya kecamatan Balai jaya Kabupaten Rokan Hilir. Hal tersebut disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Rokan Hilir, Suwandi,S.sos kepada awak media, Kamis (18/10/2018).

Ia mengatakan, penghargaan proklim tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memperbaiki seluruh desa-desa di Rohil agar bisa menjaga lingkungan.

"Kami mengajak masyarakat di desa-desa untuk membangun lingkungan, sehingga nantinya yang diharapkan desa lainnya mengikuti menjadi desa yang pro proklim", kata Suwandi.

Selain masyarakat desa, lanjut Suwandi, perusahaan yang beroperasi di wilayah Rohil juga diminta ikut melakukan bimbingan desa-desa dimana wilayah tempat beroperasinya perusahaan, ini sangat diharapkan untuk menuju desa bersahabat dengan lingkungan.

Dikatakan Suwandi, Proklim banyak keuntungan bagi masyarakat, bisa mandiri, dan displin, menjaga lingkungan, dan kawasannya lebih bagus, dan perusahaan bisa nyaman beroperasi. Disamping itu, Kita bisa mudah memproduksi tumbuhan organik, misalnya tumbuhan sayur dan buah-buahan. Seraya berharap perusahaan untuk mendukung kegiatan proklim.

Suwandi menambahkan, dengan proklim, desa di Rohil bisa mengubah imej selama ini yang dinilai kurang baik terhadap lingkungan, seperti karlahut yang mendatangkan asap dan Polusi udara kurang baik.

Selain itu proklim dapat menekan karlahut, paling tidak upaya dari pencegahan baik itu secara Struktural maupun non struktural. Proklim mendorong dan memfasilitasi tumbuhan kampung iklim, melalui pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim, yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah daerah dan jajarannya.

"Program ini tindakan nyata menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim, akan menjadi program yang penting sebagai bentuk komitmen dari pemerintah untuk pengembangan terhadap kampung iklim diRokan Hilir", ungkap Kadis LH ini. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar