PT RAPP Mempunyai Andil Besar Terbentuknya Kabupaten Pelalawan

Bupati Pelalawan HM. Harris mengunjungi Stand Pameran PT. RAPP pada pembukaan Pelalawan Expo 2018.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sejak berdiri sekitar tahun 1992, keberadaan PT. Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) di Kabupaten Pelalawan, mempunyai peran yang sangat strategis. Baik bagi pemerintah Provinsi Riau, Kabupaten Pelalawan khususnya, maupun bagi masyarakat.

Bahkan, sebagai perusahaan bubur kertas terbesar di Asia Tenggara, peran PT. RAPP sangat dominan dalam terbentuknya Kabupaten Pelalawan pada 12 Oktober 1999 yang lalu.

Dimana, sejak para tokoh pendiri Kabupaten ini bersusah payah mengajukan permohonan ke pemerintah pusat, agar daerah ini dapat pisah dari kabupaten induk yaitu Kabupaten Kampar dan berdiri sendiri, PT. RAPP selalu berperan aktif dalam memberikan kontribusi serta dukungan kepada para tokoh dan masyarakat Pelalawan.

Menurut Bupati Pelalawan HM. Harris, keberadaan PT. RAPP di Kabupaten Pelalawan menpunyai peran yang sangat besar terhadap kemajuan daerah ini. Bahkan dulu masih para tokoh pendiri kabupaten ini mengajukan pemekaran, PT. RAPP sudah memberikan kontribusi dan dukungan yang sangat besar sehingga Pelalawan bisa menjadi kabupaten sendiri.

"Kontibusi PT. RAPP terhadap Kabupaten kita ini bisa dibilang sangat banyak. Dulu waktu kita pemekaran, namanya di kampung sekecil apapun bantuan orang, kita terima kasih. Apalagi seperti PT. RAPP, bukan kita membela perusahaan ya, tetapi dia (RAPP, red) sudah banyak memberikan kontribusi sejak kabupaten ini berdiri", terang Harris kepada media ini, Sabtu (13/10/2018) usai membuka acara Pemaparan Cascading Kinerja Perangkat Daerah di kantor Bappeda Kabupaten Pelalawan.

Masih menurut Harris, sejak pertama kali para pendiri Pelalawan mengadakan rapat pertemuan untuk mencapai berdirinya Kabupaten Pelalawan baik di RAPP maupun di Jakarta, perusahaan selalu ambil bagian dan berperan aktif.

Dijelaskan Harris, dengan adanya perusahaan seperti RAPP, pertumbuhan ekonomi di daerah Pelalawan jadi meningkat. Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, otomatis akan meningkat pula tarap hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Berapa banyak tenaga kerja kita yang bekerja disana, otomatis itu akan mempengaruhi peningkatan ekonomi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi kita sekarang jauh lebih besar dari rata-rata, itu dikarenakan peran serta perusahaan yang ada", jelas Harris.

Apalagi sekarang, semua perusahaan yang ada di Pelalawan termasuk RAPP sudah mengsingkronisasikan program CSR nya dengan program pembangunan pemerintah daerah, hal itu jelas sangat membantu, baik bagi pemerintah daerah maupun masyarakat Pelalawan.

"Yang jelas, PT. RAPP mempunyai andil yang besar terhadap terbentuknya Kabupaten Pelalawan, sehingga Pelalawan bisa berdiri menjadi kabupaten sendiri, dan sekarang sudah berumur 19 tahun", pungkas Bupati Pelalawan HM. Harris. (sam)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar