Gempa 6,3 Skala Richter Goncang Situbondo Jawa Timur

itn

JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Gempa berkuatan 6,3 skala Richter telah menguncang Situbondo Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) dini hari tadi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers menjelaskan, Data sementara, dampak gempa dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan.

"Data sementara, dampak gempa dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan", kata Sutopo, Kamis (11/10/2018). Seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Sutopo menjabarkan identitas ketiga korban tersebut adalah Nuril Kamiliya, H Nadhar, dan laki-laki yang masih dalam proses identifikasi.

"Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian gempa Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri," tulis Sutopo.

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, bahwa gempa tersebut terjadi pada pukul 01.47 WIB di laut pada jarak 55 km arah timur laut Situbondo, pada kedalaman 12 kilometer. Dan tidak berpotensi tsunami.

Awalnya, BMKG melaporkan gempa ini berkekuatan 6,4 skala Richter. Namun kemudian, gempa dimutakhirkan menjadi 6,3 SR.

"Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik," tulis Sutopo.

Menurut Sutopo, sejumlah rumah di Sumenep dilaporkan rusak akibat gempa yang getarannya terasa hingga Bali, Malang, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto ini. Sutopo memastikan BNPB akan terus memantau perkembagan dampak gempa dan penanganannya.

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar