RAT KONI 2018, Sekda Minta Cabor Dievaluasi

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rokan Hilir, Jum'at (24/8/2018) mengelar Rapat Anggota Tahunan ( RAT) Tahun 2018.

RAT tahun 2018 KONI Rohil dihadiri Bupati Rohil, yang diwakili oleh Sekda Rohil Drs.H. Surya Arfan, Ketua Koni Rohil, Drs H.Asrul M.Nor, didampingi Sekretarisnya serta seluruh cabor-cabor se-Kabupaten Rokan Hilir, di Hotel Asmarosa Bagansiapiapi.

Ketua Koni Rohil, Drs.H. Asrul M.Nor, Msi menyebutkan, bahwa atlet indonesia masuk dalam posisi lima besar, sedangkan Presiden menargetkan 10 besar, untuk itu seluruh atlet harus berjuang untuk mensukseskan Asian Games.

Drs. Asrul M.Nor mengatakan, penyusunan dengan sample hasil rapat koordinasi Bupati, di tingkat Provinsi, yang dilaksanakan di Bangkinang Kampar beberapa waktu yang lalu, mengapresiasi hasil capaian pelatih, walaupun belum bisa naik secara signifikan di 2018 ini, kedepan harus dibenahi dan dapat ditingkatkan.

Menurut Asrul, hasil koordinasi KONI kepada cabor-cabor, dimana KONI akan memberikan bantuan kepada cabor-cabor, dan reward bagi para atlit berprestasi, bagi cabor untuk dapat memberikan pembinaan dan peningkatan atlet yang prestasi kemarin, itu masih dalam suatu kajian.

"Bagi atlet pemenang kemarin, memang pantauan karena atlet panjat tebing tersebut sudah pindah ketempat lain, di PON bagaimana akan memberikan santunan satu tahun, namun terpenting atlet diwilayah kita diutamakan", kata Asrul.

Sedangkan Bagi kegiatan kejuaraan daerah (Kejurda), diminta kepada cabor untuk memberikan informasi termasuk pelatihan, sedikit banyaknya KONI akan memberi bantuan di Kejurda tingkat Kabupaten dan tingkat Kecamatan.

"Koni tetap akan memberikan dukungan, namun mohon berikan informasi lebih awal, jangan dilaporkan secara mendadak, KONI akan menyiapkan dana keberangkatan atlet Kejurda atau pelatihan", pinta Asrul M Nor.

Dipaparkan Asrul, tahun ini KONI menyediakan dana pembinaan secara teknis, dapat dikoordinasikan kepada sekertaris, surat permohonan dana pembinaan disesuaikan pada kegiatan, namun mohon SPJ bantuan tahun 2017 lalu segera dilaporkan, itu memang sangat diperlukan menjadi perhatian dana pembinaan.

Ia mengingatkan, sesuai dengan kegiatan cabor-cabor, KONI memiliki tim verifikasi dana pembinaan dimaksimal sebesar 70 persen.

"Mudah mudahan, pemkab Rohil secepatnya dapat memperhatikan, karena masa jabatan KONI bulan oktober ini periode masa 2014-2018 akan segera berakhir", harap mantan sekda Rohil ini.

Sementara, Bupati Rohil H Suyatno, diwakili Sekda Rohil Drs,H. Surya Arfan, M.si menegaskan, sangat diperlukan pemikiran para elit olahraga, agar daerah tetap menjadi perhitungan Provinsi Riau.

Disaat kondisi keuangan daerah tidak memadai, namun atlet bisa meraih prestasi yang gemilang dengan jumlah cabor 17, namun kenyataannya belum berimbang dengan atlet yang meraih mendali, maka kita masih jauh ketinggalan dari Kabupaten yang lain.

"Kita kalah dari kabupaten lain, ditambah lagi kondisi yang dihadapi KONI, dengan Cabor yang cempang prenang, namun pemkab Rohil tetap optimis, untuk memberikan dukungan dan perhatian demi memajukan dunia olahraga daerah", kata Surya.

Dikatakan Sekda, Dengan dana Rp 3 milyar untuk pembinaan kepada atlet dan cabor-cabor, namun belum sebanding dengan yang diraih atlet cabor, sehebat apapun KONI tetap tergantung kepada atlet dan pelatihan. Para atlet dan pelatih harus kontinyu, dan disiplin, kalau perlu diadakan teken kontrak tidak bisa lagi pindah main ketempat lain.

Meskipun daerah mendapatkan unggulan pada atlet Basket dan Catur pada Porprov Kampar tersebut namun,
"Kami minta kepada atlet dan pelatih dituntut untuk disiplin, jangan pada waktu bertanding baru latihan, dana atlet dan pelatihan tersebut bukan dari segalanya", tegas Surya.

Sekda juga minta semua cabor yang didaerah untuk berbenah diri, yang dihandalkan atlet Catur dan Basket, padahal kedua atlet tersebut sudah ada sejak Kecamatan, maka dari itu KONI harus  mengevaluasi semua Cabor-cabor. Sembari menyebutkan, bahwa dirinya menghadapi pensiun tahun 2020, mudah-mudahan atlet Rokan hilir 2021 bisa bergeser menjadi rangking lebih baik kedepan. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar