Sambut Tahun Politik, Warga Perumnas Griya Rumah Kita Bentuk RT Baru

PANGKALAN KERINCI, RIAUBERNAS.COM - Riak Pilgubri sebagai sebuah pesta demokrasi di bumi Melayu sudah berakhir, pasangan cagubri untuk lima tahun kedepan sudah terpilih. Namun hiruk pikuk perpolitikan tidak berhenti sampai di situ. Bahkan, untuk skala yang lebih besar baru saja dimulai.

Pemilihan Legisltif (Pileg) dan pilpres 2019, menjadi memiliki konstelasi politik yang lebih besar, karena melibatkan banyak kepentingan dari banyak calon yang memperebutkan dukungan suara masyarakat.

Bertitik tolak dari pengalaman pada Pilgubri yang lalu, banyak warga yang tidak bisa mempergunakan hak pilihnya. Warga perumnas Griya Rumah Kita Pangkalan Kerinci membentuk RT baru, hasil pemekaran dari RT 02/RW 11, Jalan Ramin kelurahan Pangkalan Kerinci Kota, Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Reren Andika, yang dipercaya untuk memimpin sekumpulan warga di Perumnas yang baru berdiri akhir tahun 2017 ini mengatakan, bahwa tujuan dari pemekaran RT ini, guna mengakomodir aspirasi warga dalam keikutsertaan di pesta demokrasi pileg dan pilpres.

"Dengan adanya RT baru ini, pelayanan pemerintah kelurahan kepada masyarakat menjadi lebih dekat dan lebih mudah, karena perpanjangan tangannya ada yaitu, RT disinj. Karena, berdasarkan aturannya di komplek ini sudah harus ada RT nya, ada lebih dari 70an KK disini", terang Reren di acara silaturahmi warga perumnas, Senin (23/72018).

Lebih lanjut dikatakan pria murah senyum yang juga menjabat Ketua IMI Kabupaten Pelalawan ini, dengan adanya RT di Perumnas tersebut, pendataan warga dapat dilakukan sesegera mungkin, untuk keperluan pengajuan Daftar Pemilih Tetap atau DPT nantinya.

"Kita harapkan nanti saat pileg dan pilpres, kita bisa membentuk TPS di Perumnas inj, makanya warga kita data, kita daftarkan ke DPT untuk Pileg dan pilpres nanti, sehingga tidak ada lagi yang namanya warga tidak bisa menggunakan hak pilihnya", imbuhnya.

Tentu saja, tegas Reren, terbentuknya RT baru di Perumnas Griya Rumah Kita ini, bukan semata-mata memenuhi kebutuhan tahun politik tanah air. Itu hanya kebutuhan jangka pendek. Pelestarian nilai nilai budaya bergotong-royong, dan memupuk rasa kekeluarga antar sesama watga, adalah tujuan utamanya.

"Semangat kebersamaan, gotong royong, kekeluargaan, menjadi potensi dari sebuah rukun tetangga harus terpelihara, selain  itu, tujuan kita (RT) dibentuk, untuk mewakili pemerintah Kelurahan dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat", bebernya.

Dengan adanya RT, kreatifitas dan potensi swadaya warga dikembangkan.

Selain mmebentuk kelembagaan RT, warga Perumnas Griya Rumah Kita, juga membentuk kepengurusan organisasi kepemudaan, untuk menyukseskan peringatan HUT RI ke 73, juga dilakukan musyawarah di tempat yang sama, berbagai kegiatan dan acara guna memeriakan 17an di susun.

"Walau kita RT baru, namun semangat 45 kita wujudkan dalam memerahkan acara tujuh belasan nanti, panitianya sudah terbentuk. dengan kebersamaan kita bersuka cita di tujuh belasan nanti", pungkasnya.  (***)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar