Buka MTQ XVIII Kabupaten Siak, Syamsuar: Kita Terus Berikhtiar Majukan SDM di Bidang Keagamaan

Bupati Siak Drs Syamsuar Msi menyerahkan Piala bergilir ke ketua Pelaksana Zalik Efendi.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Ribuan masyarakat memadati lokasi Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XVIII tingkat Kabupaten Siak yang di buka oleh Bupati Siak Drs. Syamsuar MSi, Minggu malam (22/7/2018).

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVIII Kabupaten Siak, merupakan salah satu cara untuk mengukur sejauh mana pelaksanaan dan pembinaan khususnya terhadap Qori dan Qoriah.

Selain itu, momentum MTQ diharapkan dapat memperkuat jalinan silaturahim, dalam rangka memupuk ukhuwah islamiyah di Negeri Istana ini. Sesuai dengan semangat yang terpatri dalam tema Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Siak, "Dengan momentum MTQ menuju negeri yang lebih baik, jaga Marwah budi pekerti adat Melayu yang bersendikan syara' guna melestarikan wisata halal dan religi".

"Sejak dahulu kala masyarakat Siak sudah melekat dengan nilai budaya melayu dan Islam. Pemerintah daerah mengajak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kehidupan beragama, dengan senantiasa mensyiarkan dan menjiwai perintah dan larangan Allah SWT", kata H Syamsuar dalam sambutan peresmian pembukaan MTQ XVII Kabupaten Siak, Minggu (22/7/2018)

Syamsuar menyebutkan, dengan mensyiarkan Alquran akan senantiasa menjadi negeri yang lebih baik.

Gubernur terpilih itupun, mengucapkan syukur atas kepercayaan Provinsi Riau kepada 6 Qori dari Kabupaten Siak tahun ini, dipilih untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Kota Medan Sumatera Utara.

"Alhamdulillah, pada tahun ini kita mendapat kepercayaan dari Provinsi Riau, dimana 6 Qori dari Kabupaten Siak akan mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Medan Sumatera Utara. Dan mudah-mudahan senantiasa Ananda-ananda kita ini senantiasa diberi kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat membawa nama baik bagi Provinsi Riau", harapnya.

"Kita terus berikhtiar, untuk memajukan SDM di bidang pendidikan keagamaan, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan SDM yang ada di Kabupaten Siak", katanya.

Untuk mewujudkan itu, perlu pendidikan agama sejak dini, melalui Perda wajib MDTA dan Perda pendidikan Wastho bagi anak-anak SMP di Siak.

Tidak hanya itu, Syamsuar juga menyampaikan program pemberian beasiswa ke berbagai pesantren dan universitas terkemuka, di dalam maupun di luar negeri, bekerjasama dengan kementrian agama dalam pendirian MAN IC, pendirian pondok pesantren, rumah Tahfiz.

Sementara itu, Ketua panita MTQ ke XVIII Kabupaten Siak di Kecamatan Tualang Zalik Efendi mengatakan, bahwa 555 kafilah yang ikut bersaing untuk menjadi terbaik.

"Mudah-mudahan, dengan MTQ ini, melahirkan Qori dan Qoriah terbaik, yang mewakili Kabupaten Siak ke Provinsi Riau nantinya", ucap Zalik Efendi yang merupakan Camat Tualang tersebut. (Van)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar