Diskan Rohil Taja Acara Gerakan Gemar Makan Ikan

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Dinas Perikanan Rokan Hilir mengadakan kegiatan gerakan gemar makan ikan dan lomba memasak serba ikan. Kegiatan yang ditaja Dinas Perikanan Rohil dibuka oleh Plt Bupati Rohil diwakili Asisten III Pemkab Rohil H. Muzzakar, Kamis (26/4/2018), di halaman kantor Perikanan Rohil batu 6 Bagansiapiapi.

Kadis Perikanan Rohil Muhammad Amin melalui Kabid Pengolahan Penghasilan Hasil Perikanan Rokan Hilir (P2HP) Wiwik Sinta mengatakan, gerakan gemar makan ikan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat, dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) indonesia.

Dijelaskan Wiwik, kegiatan ini dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional yang sangat diperlukan. Stimulasi atau dukungan meningkatan kesadaran masyarakat pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

"Pentingnya peran seluruh stake holder terkait mengajak seluruh komponen masyarakat dan pelaku pasar untuk mengkonsumsi ikan secara teratur, dengan jumlah yang memadai. Hal ini sangatlah penting, sebagaimana tertuang dalam Keppres nomor 3 tahun 2014, Salah satunya implementasinya adalah gerakan gemar ikan", kata Wiwik Sinta.

Wiwik menambahkan, salah satunya implementasi program gerakan gemar makan ikan, adalah melalui promosi, edukatif, peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan, dan akan  dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat nasional.

Perlu juga diketahui, sambung Wiwik, lomba masak serba ikan ini, ditaja Dinas Perikanan bekerjasama TP Pkk Rokan hilir dan Forikan, kegiatan lomba ini untuk perdana ditahun 2018. Kita juga harapkan, melalui lomba serba ikan, akan terciptanya menu-menu baru, yang bisa dipublikasikan secara luas ke masyarakat.

"Kegiatan gemar makan ikan dan lomba masak serba ikan kabupaten Rohil 2018, salah satu tujuannya  meningkatkan konsumsi ikan Rohil. Selain itu memperkenalkan kepada masyarakat akan beranekaragamnya  bahan baku ikan daerah", terang Wiwik.

Kegiatan ini bisa disebarluaskan, dan olahan berbahan baku ikan dengan berbagai sumber kandungan gizi, serta manfaatnya ikan untuk kesehatan, kecerdasan, serta mendukung program ketahanan pangan nasional dengan mengali, kreatifitas, khasanah daerah berbahan baku ikan.

"Sasaran kegiatan ini, untuk meningkatkan angka konsumsi ikan, dapat tersosialisasikan manfaat ikan, tampilnya menu baru masakan berbahan ikan, mendistribusi informasi dari menu masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas, serta mendorong tumbuh kembangnya usaha kuliner berbasis ikan", pungkas Kabid P2HP Perikanan Rohil Wiwik Sinta.

Adapun kegiatan gemar makan ikan ini diikuti oleh 100 murid dari SD dan TK, sedangkan untuk lomba masak serba ikan, diikuti oleh 36 peserta, yang berasal dari ibu-ibu TP PKK berbagai kecamatan Se-kabupaten Rohil.

Tim TP PKK Rohil, Hj Nur Ainun Jamiludin, didampingi Asisten III Pemkab Rohil, dan Kabid P2HP Riau Azhari serta tim penilai melakukan penguntingan Pita, pertanda dimulainya secara resmi kegiatan lomba memasak serba ikan tersebut. (Syofyan)






 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar