Kebakaran 5 Ha Lahan Gambut di Kampung Penyengat Berhasil Dipadamkan

Camat Sungai Apit, Kapolsek dan Danramil meninjau Lahan Gambut yang terbakar di Kampung Penyengat yang Berhasil Dipadamkan..

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kebakaran Hutan dan Lahan yang menghanguskan 5 Hektar lahan gambut di Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Selasa (20/2/18) berhasil dipadamkan.

Titik api yang tidak terpantau satelit tersebut, terjadi pada titik koordinat longitude 102.35194 dan latitude 0.83360 diatas lahan kosong yang ditumbuhi belukar dengan kondisi tanah gambut. Untuk memadamkan api, sebanyak 28 personel gabungan diterjunkan menuju lokasi yang berjarak 1 km dari akses jalan tersebut.

“Personel gabungan yang diturunkan diantaranya: 5 personel Polri, 4 personel TNI, 7 personil Damkar Kecamatan Sungai Apit, 7 personel Maggala Agni, dan 5 personel Masyarakat peduli Api dengan dibantu sejumlah relawan masyarakat Kampung penyengat”, kata Camat Sungai Apit Suparni, yang memimpin langsung regu pemadaman bersama Kapolsek Sungai Apit AKP Hendrix,SH.MH, dan Danramil Sungai Apit Kapten Inf. S. Sinaga.

Suparni menyebutkan, regu pemadam terpaksa melakukan aksi pemadaman secara manual dilokasi lahan yang terbakar tersebut, dikarenakan kondisi air yang jauh dari lokasi lahan yang terbakar. Selain itu, tim gabungan juga membuat sekat api dan embung air dengan menggunakan alat ekskapator.

“Kita juga memaksimalkan 1 unit mesin pompa air mini milik satgas MPA Kampung Penyengat dan 1 unit mesin pompa air matrix milik Manggala Agni. Alhamdulillah hingga pukul 19.00 Wib, titik api dilokasi lahan terbakar sudah berhasil dipadamkan dan dilakukan langkah pendinginan, namun masih mengeluarkan asap karena kondisi tanah gambut”, jelas Suparni.

Sementara identitas pemilik lahan lokasi kebakaran kata Suparni, saat ini masih dalam tahap penyelidikan oleh pihak berwajib. (Ivn).


Editor : Andy Indrayanto.
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar