Pasca Dibangunnya Gardu Induk, PLN Pangkalankerinci Jamin Pasokan Listrik

Gardu Induk (int.)

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Bila tak ada aral melintang, pada Februari mendatang Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pangkalankerinci akan menjadi interkoneksi listrik se Sumatra. Hal ini menyusul tengah dibangunnya Gardu Induk di Pangkalankerinci dengan kapasitas 30 MW.

"Ya, memang saat ini tengah dibangun Gardu Induk di Pangkalankerinci di lokasi jalan yang menuju KM 55. Bila tak ada aral melintang, rencananya akan beroperasi pada bulan Februari mendatang," terang Kepala PLN cabang Pangkalankerinci, Aan Jefrry, pada media ini via selulernya, Rabu (4/1).

Aan menjelaskan jika gardu induk itu selesai dibangun dan telah beroperasi, maka untuk sistim listrik PLN Pangkalankerinci akan terkoneksi langsung sistim listrik se Sumatra. Hal ini akan menjamin pasokan listrik menjadi aman.

"Kalau sekarang kan kondisi kita listrik berasal dari RPE dan BUMD yang hanya memiliki kapasitas 20 MW dengan pelanggan sekitar 58 ribu saja. Kalau Gardu Induk itu sudah beroperasi dengan kapasitas 30 MW, maka kita akan bisa menampung pelanggan sampai 60-70 ribu pelanggan. Sistim listriknya interkoneksi langsung, jadi akan lebih aman," ujarnya.

Ditanya apakah dengan interkoneksi itu menjamin listrik tidak akan byar-pet lagi, Aan tak menjamin hal tersebut. Pasalnya, kalau untuk listrik mati itu tergantung dari kondisi dan cuaca. Namun setidaknya dengan beroperasinya Gardu Induk PLN nanti, jaminan pasokan listrik PLN menjadi aman. (ath)



Editor    : Andy I


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar