Sekretaris KNPI Pelalawan Desak Disdik Kabupaten & Provinsi Buat Edaran Larangan Study Tour

 

PELALAWAN - Sekretaris Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pelalawan, Muhammad Daud, S. Sos mendesak Kepala Dinas Pendidikan tingkat kabupaten dan Provinsi,  agar membuat surat edaran atau larangan study tour yang mengajak dan mengharuskan anak murid ikut.

"Sudah semestinya Dinas Pendidikan Kabupaten dan Provinsi membuat surat edaran terkait larangan study tour yang dilakukan sekolah pada anak muridnya," kata Muhammad Daud pada media ini, Kamis (16/5/2024).

Dia mengatakan kegiatan study tour jelas membebani orangtua siswa, karena tak semua orangtua siswa mampu untuk membayar anaknya ikut study tour yang digelar sekolah.

"Kadisdik Kabupaten dan Provinsi ya harus berani membuat surat edaran dan memberikan sanksi bagi sekolah yang masih memaksakan untuk melaksanakan study tour dengan berbagai alasan," katanya.

Dia juga berharap sekolah bisa menimbang dan mengambil keputusan yang bijak, terkait study tour ini. Meski keresahan orang tua soal study tour ini pasca viralnya kecelakaan maut bus yang membawa rombongan siswa SMK di Subang, beberapa waktu lalu namun keresahan orangtua sebenernya sudah lama terkait ini.

"Selain soal biaya dimana tidak semua orangtua mampu bayar study tour anaknya, juga ada rasa kekhawatiran anaknya melepas study tour dengan sekolah. Kalau ingin berwisata, biarkan saja anak-anak berwisata dengan orangtuanya masing-masing," tukasnya. (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar