Peringati Hari Pahlawan Ke-78 , Bupati : Semangat Pahlawan Perangi Kebodohan & Kemiskinan

Peringati Hari Pahlawan Ke 78 di Kabupaten Rokan Hilir

Rohil (RBC) Pemerintah Kabupaten Rohi menggelar peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023. di Halaman depan Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Jumat (10/11/2023).

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dihadiri Forkopimda,  Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, para Asisten, Kepala OPD, para veteran, Ormas, OKP

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

"Inilah tantangan sesungguhnya," ujarnya 

Sementara Bagi generasi penerus mengelola kekayaan alam dan  potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara atas Ancaman dan tantangan ini akan taklukkan berbekal semangat sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

Menurutnya dia Perjuangan itu tidaklah mudah tapi pasti bisa karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan nilai- nilai perjuangan  ikuti niscaya membawa jejak kemenangan . Pahlawan itu adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

"Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita, bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora," sebutnya.

Dengan berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya

Dimana waktu itu jelasnya Rakyat bergandeng tangan bersama Tokoh Masyarakat Pemuka Agama dan pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semua melebur menjadi satu Merdeka atau Mati.

Bersyukur saat ini, terusnya semangat berantas kebodohan dan perangi kemiskinan hal itu dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri

Disampaikan Bupati lagi bahwa Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 merupakan semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan.

Selain itu menyatukan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan bersatu, berdaulat, adil makmur, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik.

"Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita," pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara, kemudian dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan dan ramah tamah dengan para veteran (*)

Syofyan Rambah


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar