Ditandai Dengan Pemukulan Gong dan Pelepasan Burung Merpati

Louncing Polisi RW, AKBP Suwinto: Polisi RW Diharapkan Hadir, Berbuat dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Louncing Polisi RW di Kabupaten Pelalawan.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Ditandai pemukulan gong oleh Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto, SH, SIK dan pelepasan burung merpati oleh Bupati Pelalawan, H. Zukri, Kabidkum Polda Riau, Ketua DPRD Pelalawan Baharuddin SH, MH, Ketua PN Pelalawan Benny Arisandy, SH, MH, Kejari Pelalawan Mohammad Natsir, dan perwakilan Dandim 0313/KPR, launching Polisi RW digelar di anjungan Desa Kuala Terusan, Rabu (14/6/2023).

Launching Polisi RW yang merupakan program Kapolri ini adalah untuk bisa mendukung dan mewujudkan polisi dekat dengan masyarakat sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan.

"Di Kabupaten Pelalawan ada 734 RW, untuk Polisi RW sendiri ada 421. Karena belum mencukupi, jadi ada 1 Polisi RW yang merangkap untuk mengcover beberapa RW, tergantung dari wilayahnya sendiri," katanya.

Dia mengatakan bahwa dalam program ini, semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina Kamtibmas di tingkat RW dengan menampung keluhan warga dan melakukan problem solving.

"Polisi RW ini hadir di tengah masyarakat agar dapat mencegah gangguan Kamtibmas dengan melakukan deteksi dini di tengah masyarakat. Jadi dalam bekerja, Polisi RW bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat," katanya.

Lanjutnya, dengan adanya Polisi RW ini diharapkan akan terjadi interaksi untuk saling memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembangkan sikap positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami tentang apa yang sedang dibutuhkan atau yang diperlukan saat ini, sehingga prinsip community policing dan restorative justice serta akuntabilitas bisa diterapkan.

"Kita berharap kehadiran Polisi RW di jajaran Polres Pelalawan ini dapat hadir, berbuat, dan bermanfaat bagi Masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Pelalawan, dengan harapan situasi Kamtibmas wilayah hukum Polres Pelalawan tetap dalam keadaan aman dan kondusif. Dan Polisi RW ini mengedepankan upaya preventif dalam mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri (Kamdagri)," ujarnya.

Launching Polisi RW di Kabupaten Pelalawan sendiri merupakan bagian dari Launching Polisi RW di Polda Riau dan 11 kabupaten/kota se Riau yang dihadiri langsung oleh Kapolda Riau M.Iqbal, Gubernur Riau Syamsuar dan forkompinda Riau. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar