Bupati Rohil Tinjau Perekaman E-KTP Warga Bonai Pujud,

Kadisduk Rohil : Percepat Akurasi Terbangun Data Base Adminduk

Bupati tinjau perekaman EKTP Warga Bonai Babusalam Pujud

ROHIL, (RIAUBERNAS.COM),
Dalam Upaya mempercepat pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi warga Suku Bonai Babusalam Rokan Kecamatan Pujud

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rohil kembali melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el)

Pelayanan perekaman E-KTP  bagi warga suku Bonai Kepenghuluan Babussalam Rokan, Kecamatan Pujud, Sabtu (11/2/23) di kantor Kepenghuluan Babussalam Rokan.

Dihadapan tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh masyarakat kepenghuluan Babussalam Rokan  , Bupati Rohil dalam arahannya mengatakan, KTP wajib dimiliki setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi ketentuan, termasuk membuat akte kelahiran dan surat nikah.

" Tidak ada alasan lagi masyarakat tidak punya KTP, KK dan  Akte Kelahiran. Kita menyadari, bagi warga suku Bonai ingin mengurus ke Bagansiapiapi tentu sangat sulit membutuhkan biaya sangat besar karena harus menginap dan mengeluarkan biaya transportasi. Untuk itu, kita langsung datang kesini," kata Bupati

Bagi Bupati, wilayah Babussalam Rokan tidak asing baginya karena dulu pernah mandah bekerja sebagai Helper Chainsaw.  Untuk itu, dia mengajak seluruh tokoh masyarakat, alim ulama dan para pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat suku Bonai melakukan perekaman KTP el.

Dirinya menyebutkan, kebanyakan warga suku Bonai belum memiliki E-KTP sehingga menyulitkan mereka mengurus surat nikah dan menyekolahkan anak kesekolah negeri.

"KTP itu sangat penting, karena diperlukan berbagai layanan. Melamar kerja butuh KTP,  bikin SIM harus punya KTP, mau nikah harus punya KTP, syarat untuk bantuan sosial, jaminan sosial, dan  layanan publik lainnya KTP pasti dibutuhkan,” ujar Bupati.

Selanjutnya Bupati berpesan, kepada masyarakat yang hadir, untuk mengikuti pelaksanaan perekaman KTP Elektronik dengan tertib.

“Kepada petugas dari Disdukcapil juga, saya minta fotonya yang bagus biar hasil foto di KTP nya bagus,” ucapnya.

Sementara, Kepala Disdukcapil Rokan Hilir, Andi  menyebutkan, pelaksanaan perekaman KTP-el bagi masyarakat suku Bonai merupakan program jemput bola

Selain untuk mempermudah layanan kependudukan. Dan Pihaknya, akan terus melakukan perekaman didaerah terpencil untuk percepatan layanan Adminduk di Kabupaten Rohil dapat terwujud.

Berdasarkan data yang diberikan Kadisduk, jumlah Kartu Keluarga (KK) tercetak untuk warga suku Bonai  44 dokumen, KTP  109 keping, Akte Kelahiran  21 lembar dan KIA 74 keping.

Kadisdukcapil berharap, program perekaman KTP-el bagi warga suku Bonai dapat berjalan dengan lancar, sehingga upaya untuk mempercepat dan mendukung akurasi terbangunnya database Adminduk di Kabupaten Rokan Hilir segera terwujud.

Pelaksanaan Perekaman E-KTP ditinjau Bupati Rohil Afrizal Sintong SlP.didampingi Kadisduk Rohil, Andi, Kadis Kominfotiks Indra Gunawan, SE, MH, ketua GMRB, Ketua PKK dan seluruh OPD se Rohil, (*)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar