7 PKD se Kecamatan Pangkalan Kerinci Dilantik dan Diambil Sumpah Jabatan

Poto bersama PKD SE Kecamatan Pangkalan Kerinci usai dilantik

PELALAWAN (Riaubernas) - Bertempat di ruang rapat kantor camat, Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pangkalan Kerinci Fadly S.Sos melantik danengambil sumpah tujuh Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa SE Kecamatan Pangkalan Kerinci, Ahad (5/2/2023).

Kepada ketujuh PKD yang diambil sumpahnya, Ketua Panwascam Pangkalan Kerinci terlebih dahulu mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan undang undang dasar negara Republik Indonesia.

"Sumpah atau janji ini adalah janji terhadap tuhan yang maha esa dan manusia, yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran," tegas Fadly

Usai diambil sumpah, ketujuh PKD menandatangani paket integritas untuk bekerja secara profesional, menjaga integritas, indepensi dan netralitas sebagai pengawas pemilu.

Selain itu, PKD juga dituntut untuk tidak melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.  Dan menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban sebagai PKD dengan sebaik baiknya. Bekerja sungguh sungguh demi tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Dalam sambutannya, Ketua Panwascam Pangkalan Kerinci, Fadly S.Sos menyampaikan selamat kepada PKD yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini.

"Selamat atas pantikan saudara semua, selamat menjadi Pengawas Pemilu di Kelurahan Desa di Kecamatan Pangkalan Kerinci,"ungkapnya

Fadly mengharapkan kepada semua PKD untuk menyukseskan helat demokrasi serentak tahun 2024 dengan menjunjung tinggi nilai nilai profesionalitas dan integritas sebagai pengawas pemilu.

"Setelah dilantik ini, saudara saudara memikul tanggung jawab untuk menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 di wilayah kerja masing masing. Tanggung jawab sebagai pengawas di Kelurahan Desa dimana saudara di tempatkan,"kata Ketua

Camat Pangkalan Kerinci Faisal S.STP meminta PKD bersikap jujur dan adil sesuai dengan sumpah yang diucapkan saat dilantik. Apalagi, lanjutnya Pangkalan Kerinci sebagai ibukota Kabupaten Pelalawan memiliki Medan yang berat dalam potensi kerawanan di perhelatan demokrasi. Untuk itu PKD diharapkan bisa mengesampingkan persoalan pribadi namun berfokus pada amanat yang diemban sebagai pengawas pemilu.

"Akan banyak titipan dan tekanan nantinya, Lakukan komunikasi dan koordinasi dengan lurah dan kades setempat, Ketika ada masalah langsung koordinasi agar tidak berkembang." katanya Camat Faisal

Mantan Kabag Protokel Setda Pelalawan ini meyakini para PKD Pangkalan Kerinci yang dilantik ini akan mampu menjalankan tugas sesuai tugas, kewajiban dan wewenang dalam mewujudkan pemilu yang demokratis berdasarkan Undang Undang yang berlaku.

"Saya yakin saudara saudara PKD ini akan amanah sebagaimana sumpah yang diucapkan tadi,"ungkapnya

Komisioner Bawaslu Pelalawan Indrayani Putra ST dalam sambutannya mengatakan bahwa peran PKD sangat urgen dalam terlaksanakan pemilu yang diharapkan, yang damai dan sejuk.  Untuk itu harus menjadi perhatian bersama untuk mencegah potensi potensi kerawanan saat pemilu.

"Bangun sinergitas dengan aparat setempat. Bangun hubungan yang baik dengan semua pihak. Bekerjalah dengan komitme menjaga profesional dan netralitas.

Salah seorang PKD yang dilantik, Anisa Umairah SE mengungkapkan rasa bangganya dilantik hari ini dan bisa bergabung sebagai pengawas pemilu. Walau menjadi satu satunya perempuan yang diambil sumpahnya di PKD se Pangkalan Kerinci tak mengecilkan semangatnya untuk berkontribusi dalam mewujudkan pemilu yang demokratis.

"Ketika berniat mendaftar, berarti sepenuh hati harus diberikan untuk tugas baru sebagai pengawas pemilu kelurahan desa. Insya Allah tugas ini berjalan sesuai harapan,"ungkap Anisa

Hijaber yang ditugaskan untuk mengawasi jalannya tahapan pemilu di Desa Mekar Jaya ini akan segera melaksanakan tugasnya sebagai PKD, koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah setempat serta melaksanakan kegiatan kegiatan pencegahan pelanggaran dalam bentuk sosialisasi sosiliasi kepada masyarakat Mekar Jaya menjadi fokusnya ke depan.

"Insya Allah, kita siap bekerja usai dilantik ini, pertama tentu akan melakukan kordinasi dengan aparat setempat," pungkasnya (***)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar