Kali Kedua FSKT Taja Sunat Massal, Tengku Indraputra : Semoga Menjadi Anak Yang Sholeh

Siak, Riaubernas.com - Untuk kali keduanya, Forum Sahabat Kampung Tualang (FSKT) Kecamatan Tualang kembali melaksanakan kegiatan Sunat Massal di Balai Forum Sahabat Kampung Jalan Batin Galang Kampung Tualang Kecamatan Tualang.

Tampak hadir dalam sunat massal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak Androy Ade Rianda, Camat Tualang Tengku Indraputra, Penghulu Tualang Juprianto MIP, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kampung Tualang.

Kegiatan sunat massal ini dilakukan setiap tahunnya, kali ini sudah masuk tahun kedua. Sebanyak 19 anak dari Kecamatan Tualang mengikuti sunat massal ini. Acara Sunat massal tahun kedua ini dihiasi dengan berbagai kegiatan tradisi melayu seperti berarak, silat, tepuk tampung tawar, dan lain sebagainya.

Ketua Forum Sahabat Kampung Tualang (FSKT) Kecamatan Tualang, Bukhari, S.Sos mengatakan, target sunat massal kali ini sebanyak 25 orang anak laki-laki, bkarena takut, cuma 19 orang anak laki-laki yang mau disunat, tapi nanti kembali dilihat, mudah-mudahan semua mau disunat oleh petugas dari Puskesmas Kecamatan Tualang. 

"Kita membantu beban pihak keluarga dari anak yang disunat, ini bentuk kepedulian sosial kami anggota FSKT Kecamatan Tualang. Selain bentuk sosial, kita juga membangkitkan tradisi menjaga budaya melayu yang lama hilang, istilah kalau kata orang melayu membangkitkan batang terendam," kata Bukhari dalam sambutannya, Selasa (20/12/2022).

Insya Allah, lanjut dia, kegiatan sunat massal ini, dilaksanakan setiap tahunnya. Sesudah anak disunat, FSKT yang terdiri dari 400 anggota itu juga memberikan bingkisan kepada anak-anak yang siap di sunat atau khitan.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada Ketua panitia Firdaus, seluruh pihak dan teman-teman FSKT yang membantu. FSKT sendiri merupakan wadah untuk menjalin silaturahmi serta menjaga marwah masyarakat melayu. Jaga marwah, jaga silahturahmi, jaga kampung, untuk kemajuan Kampung Tualang Kecamatan Tualang," imbuhnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak, Androy Ade Rianda mengapresiasi kegiatan Sunat massal yang dilaksanakan FSKT. 

"Kalau anak mau disunat, jangan terlalu lama-lama sambutan, takutnya anak kita ini berubah fikiran, dan tidak mau disunat," kata Androy disambut gelak tawa masyarakat yang hadir

Androy Ade Rianda berharap anak yang sunat menjadi anak yang sholeh dan sukses, "Saya yakin SDM Kampung Tualang sangat luar biasa, cuma kita belum kompak, maka dari itu, mari sama-sama kita membangun kampung yang dicintai dan lahirlah anak Tualang yang sukses nantinya," harapnya.

Penghulu Kampung Tualang Juprianto, MIP menyambut baik kegiatan Sunat massal dari FSKT.

"Ini merupakan roh organisasi kemasyarakatan, tujuan organisasi adalah membantu seksama manusia, mudah-mudahan ini sebagai percontohan buat organisasi yang lain, dan terus berbuat untuk membantu pemerintah dalam membangun kampung dan menjaga tradisi ini," harapnya.

Camat Tualang Tengku Indraputra, mengapresiasi setinggi-tingginya karena tetap Istiqomah melakukan khitan massal yang sudah masuk tahun kedua. "Ini bentuk kepedulian kita, jangan tanya apa yang diberikan ke kita, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada kampung ini," jelasnya.

Kegiatan khitan massal Ini ada bukti sinergitas antar organisasi masyarakat dengan Pemerintah, "Kedepan anak yang disunat jangan takut di sunat. mudahan-mudahan anak kita ini menjadi anak yang sholeh nanti," harapnya. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar