KAGAMA Riau: Menanam Pohon Untuk Kebaikan

Penanaman Pohon oleh KAGAMA Riau.

RIAU - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Provinsi Riau melaksanakan kegiatan menanam pohon. Kegiatan ini didukung oleh Balai Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan (BPDASHL Inrok) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

''Menanam pohon sama dengan menanam kebaikan. Kegiatan ini juga menjadi rangkaian Dies Natalis UGM ke-73,'' ujar Ketua Harian Kagama Riau, Dr.Arifudin, Rabu (14/12/2022) di Pekanbaru.

Kegiatan penanaman ini juga dilaksanakan KAGAMA di berbagai Provinsi lainnya seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku dan Kalimantan Timur. ''Kami ingin berkontribusi terhadap lingkungan, karena isu lingkungan menjadi perhatian penting sehingga penghijauan juga sangat penting untuk dilakukan,'' katanya.

KAGAMA Riau melakukan penanaman bibit pohon produktif seperti mangga, alpukat, durian, dan manggis. Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Komplek Stadion Utama Riau.

''Kontribusi penanaman pohon ini semoga dapat menambah luasan tutupan lahan. Kerusakan lingkungan di masa lalu menjadi tanggungjawab kita untuk memnperbaikinya saat ini. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon,'' kata Arifudin.

Sementara itu, Kepala Seksi RHL BPDASHL Inrok, Jebrizal menyatakan, pihaknya memberi bantuan penyediaan bibit produktif. Ini juga sejalan dengan program BPDAS yang menyediakan bibit pohon produktif untuk dibagikan ke masyarakat.

''Dengan bibit yang cukup, kami yakin mampu meningkatkan tutupan lahan secara berkelanjutan. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bibit pohon gratis, bisa datang ke persemaian permanen BPDASHL di Pekanbaru dan Kampar,'' katanya.

Hadir dalqm kegiatan ini, perwakilan DLHK Provinsi Riau, DLHK Kota pekanbaru, Kepala Balai TNTN, Kepala P3E Sumatera, Kepala Dinas PUPR, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Riau, Dekan Fakultas Pertanian UIR, Dekan Fakultas Pertanian UIN, Dekan Fakultas Kehutanan Unilak, Kepala SKMA Pekanbaru, Pengurus Kagama Provinsi Riau dan Kagama Kabupaten/Kota se Provinsi Riau. (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar