Komisi IV DPR RI: Rehabilitasi Lahan Kritis Tanggungjawab Bersama

SUMBAR - Anggota Komisi IV DPR RI, Dr. Hermanto, MM mengatakan bahwa rehabilitasi lahan kritis tidak hanya tanggungjawab pemerintah saja. 

Dengan adanya dukungan penyediaan bibit produktif dan pengelolaan persemaian di tingkat tapak melalui Kebun Bibit Rakyat (KBR) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), maka keterlibatan multipihak menjadi sangat penting untuk implementasi kerja rehabilitasi di tingkat tapak.

Hal ini disampaikan Hermanto saat acara sosialisasi dan bimbingan teknis kegiatan KBR dan Bibit Produktif, Sabtu, (12/11/2022) di Hotel Emersia Batu Sangkar, Tanah Datar Sumatera Barat.

Acara dihadiri Kelompok Wanita tani, Kelompok KBR, Kelompok tani milenial, pendamping dan pembina KBR, tokoh masyarakat serta para pihak terkait lainnya.

"Program KBR dan Bibit Produktif ini harus serius dijalankan agar Indonesia jaya, hutan lestari, dan masyarakat sejehtera. Lahan kritis yang ada tidak semata-mata tanggung jawab BPDAS (KLHK) saja, tetapi tanggungjawab kita semua. Masyarakat berperan ikut terlibat, termasuk mengawasi dan mengingatkan jika terjadi penebangan hutan yang berdampak terhadap perubahan iklim," kata Hermanto.

Hermanto juga menyerahkan secara simbolis pelaksanaan KBR untuk tiga kelompok masyarakat di Kabupaten Batu Sangkar. Diantaranya yaitu KBR Jelendo dari Nagari Gurun, KBR Vini, Vidi Vici dari Nagari Andaleh Baruh Bukik, dan KBR milenial dari Nagari Padang Laweh Malalo. Adapun jumlah bibit produktif yang dibagikan sebanyak 5.200 bitpro.

Bibit produktif yang dibagikan ke masyarakat adalah bibit alpukat, durian montong, lengkeng, mangga, manggis, jambu, pinang batara, sirsak, rambutan, dan lain sebagainya. Hasil dari tanaman buah ini nantinya diharapkan dapat menjadi sumber kesejahteraan masyarakat, tanpa harus menebang pohon yang mengancam keberadaan hutan.
 
"Tantangan kita salah satunya adalah pertumbuhan jumlah penduduk yang bisa berdampak berkurangnya luasan hutan kita. Karena itulah program lingkungan yang bagus seperti KBR dan bibit produktif ini harus bisa disyukuri, dijalankan dengan baik, kedepan jumlahnya bisa ditambah lagi untuk kesejahteraan masyarakat dan kepentingan lingkungan," jelasnya.

Sementara itu Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Irpana Nur, S.Hut, M.Sc menjelaskan, luas total wilayah kerjanya mencapai 10,5 jt Ha, menjangkau wilayah Riau seluas 8,9 juta ha, Sumbar 1,2 jt Ha, Sumut 359.000 Ha, dan Jambi 10.000 Ha. Saat ini dari berbagai pusat persemaian permanen di Riau dan Sumbar, bisa menghasilkan satu juta bibit pohon yang siap dibagikan kepada masyarakat.

"Keterlibatan masyarakat dengan dukungan dari semua pihak, sangat penting bagi keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan. Seperti di Tanah Datar, kegiatan penghijauan atau rehabilitasi juga akan berkontribusi untuk sedimentasi Danau singkarak," kata Irpana.

Ia pun mengajak masyarakat untuk ikut program menanam pohon."Minimal 25 pohon selama kita hidup untuk mitigasi dampak perubahan iklim," tutupnya. (Rls)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar