70 Tahun Merdeka, Ruas Tol Indonesia Masih di Bawah 1000 Km

Ilustrasi

MOJOKERTO, RIAUBERNAS.COM - Dari Indonesia merdeka sampai saat ini, panjang ruas tol di Indonesia masih di bawah 1000 kilometer. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, saat ini Indonesia baru memiliki 840 kilometer (km) jalan tol.

Hal itu dikatakan Jokowi saat meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo) seksi IV di Gerbang Tol Penompo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (19/3/2016). Menurutnya, pembangunan jalan bebas hambatan di tanah air tertinggal jauh dengan China. Saat ini Negeri Tirai Bambu itu memiliki 60.000 Km jalan tol.

"Pembangunan infrastruktur kita sangat terlambat. Di Tiongkok, mereka sudah punya 60.000 Km jalan tol. Setiap tahun mereka membangun 4.000-5.000 Km, ini memberikan semangat bagi kita," ujarnya seperti dikutip detik.com.

Lanjutnya, karena itu dalam 5 tahun kepemimpinannya, dia memberikan target kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merampungkan 1.000 Km jalan tol di Indonesia. Salah satunya proyek tol Trans Jawa antara Merak (Banten) sampai Surabaya.

"Saya berikan target dari Merak sampai Surabaya tahun 2018 harus sambung, tidak ada alasan apapun," tandasnya.

Tak hanya pembangunan jalan tol, menurut Jokowi, pembangunan jalur kereta cepat di tanah air juga tertinggal jauh dibandingkan Tiongkok. Selama 8 tahun, Tiongkok mampu menyelesaikan 16.000 Km jalur kereta cepat.

"Kerja-kerja seperti itu yang harus kita ambil contoh. Kita mau kerjakan (jalur kereta cepat) Jakarta-Bandung saja sudah ramai, padahal hanya 150 km. Kita ini senang ramai, saya ingin ubah ramainya agar ramai kerja, enggak ramai debat," cetusnya. (***)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar