Ketua Bawaslu Pelalawan Lantik 36 Anggota Panwascam

Penandatanganan berita acara pelantikan anggota Panwascam Se Kabupaten Pelalawan

PELALAWAN (Riaubernas) - Bertempat di Balai Datuk Setia Mangku Diraja Pangkalan Kerinci, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pelalawan melantik dan mengambil sumpah 36 anggota Panwascam Se Kabupaten Pelalawan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Pelalawan diwakili Sekdakab HT Mukhlis, Ketua DPRD Baharuddin SH MH, Kapolres di wakili Kasat Intel, perwakilan Kejari, perwakilan Pengadilan Negeri, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian dilingkungan Pemkab Pelalawan, Camat se Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Pelalawan Khaidir S.IP. M.AP mengungkapkan bahwa anggota Panwascam yang dilantik hari ini merupakan rekruitment terbaik yang telah melewati proses yang dilakukan Pokja secara ketat.

"Yang dilantik hari ini hasil dari sebuah proses seleksi rekrutmen panwascam yang dimulai dari seleksi administrasi, tes tertulis dengan metode CAT dan terakhir tes wawancara. Maka tersisa lah tiga nama setiap kecamatan yang dilantik hari ini," kata Khaidir

Dalam rekrutmen Panwascam ini, lanjutnya, telah memperhatikan kuota keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Dengan memperpanjang masa pendaftaran untuk memberi peluang bagi perempuan yang berminat menjadi pengawas pemilu untuk mendaftar.

"Untuk mengakomodir kuota perempuan, telah kita lakukan perpnjangan masa pendaftaran selama 5 hari kerja + 2 hari libur namun kuota perempuan tidak mencukupi, hari ini. Hanya 2 perempuan yang muncul dan merupakan yang terbaik untuk dilantik sebagai panwascam," imbuhnya

Kepada Panwascam yang baru dilantik, Khaidir berharap dalam menjalankan tugas dan wewenang nanti dapat menjaga netralitas sebagai penyelenggara pemilu.

"Dan tetap solid dan kompak antar sesama Panwascam," tegasnya

Dalam proses penanganan pelanggaran Pemilu, Panwascam di minta berlaku adil kepada seluruh peserta pemilu tanpa ada keberpihakan sedikitpun.

"Utamakan upaya pencegahan,"pintanya

Sementara itu, Bupati Pelalawan yang diwakili oleh sekdakab HT Mukhlis memberikan apresiasi atas terpilihnya 36 Panwascam Se Kabupaten Pelalawan melalui seleksi yang sangat ketat. Tanpa ada celah permainan atau kecurangan dalam perekrutan yang dilaksanakan oleh Bawaslu. 

Dikatakan TM, yang terpilih dan dilantik serta diambil sumpahnya hari ini adalah orang orang terbaik dari semua yang ikut seleksi.

"Namun itu belum cukup, pembuktian di lapangan nanti di 27 bulan masa pengabdian andalah yang menjadi tolak ukurnya., Bagaimana pemilu berjalan secara demokratis tergantung pada penyelenggara di lapangan," kata Sekda ***


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar