Ini Tujuh Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang Dilantik Presiden Jokowi Besok

Istimewa

JAKARTA, RIAUBERNAS.com - Pesiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tujuh pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (12/2/2016). Tujuh pasangan itu akan memimpin Sumatera Barat (Sumbar), Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Bengkulu, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Utara (Sulut).

Pelantikan direncanakan berlangsung pukul 14.00 WIB. Adapun ketujuh pasangan itu yakni Irwan Prayitno- Nasrul Abit (Sumbar), Muhammad Sani-Nurdin Basirun (Kepri), Zumi Zola-Fachrori Umar (Jambi), Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah (Bengkulu), Sahbirin Noor-Rusdi Resnawan (Kalsel), Irianto Basire-Udin Hianggio (Kaltara) dan Olly Dondokambey-Steven Octavianus Kandou (Sulut).

"Tanggal 12 Februari pukul 14.00 WIB, Presiden akan lantik tujuh pasangan gubernur dan wakil gubernur di Istana Merdeka," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kamis (11/2/2016), seperti dilansir BeritaSatu.com.

Katanya, sementara pada 17 Februari 2016 akan digelar pelantikan secara serentak untuk 202 bupati dan wali kota oleh gubernur masing-masing. Pelantikan tahap kedua direncanakan Maret 2016.

"Yaitu pelantikan untuk 11 bupati, wali kota, dan 1 Gubernur Kalimantan Tengah jika tidak ada masalah sengketa di Mahkamah Konstitusi," katanya.

Lanjutnya, dan tahap ketiga nanti bulan Juni 2016, (pelantikan) 1 Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah dan 30-an bupati, wali kota. Dilantik di ibu kota provinsi, karena sesuai ketentuan undang-undang masa habis jabatan kepala daerah bulan Juni tidak boleh dikurangi. (***)


Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar