Safari Ramadhan Hari ke 3, Bupati Zukri Minta Masyarakat Salurkan Zakat ke Baznas

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Pada safari ramadhan hari ke 3 yang dipusatkan di Mesjid Nurul Iman, Desa Lubuk Terap, Kecamatan Bandar Petalangan, Sabtu (16/4/2022), Bupati Pelalawan H. Zukri meminta kepada masyarakat agar membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pelalawan. Dengan membayar zakat di Baznas, masyarakat akan banyak terbantu dengan usaha-usaha yang dikelola Baznas. 

Ini disampaikan Bupati Pelalawan, H. Zukri, pada media ini, usai berbuka puasa bersama masyarakat Desa Lubuk Terap, Kecamatan Bandar Petalangan, yang dikemas dalam safari ramadhan di Mesjid Nurul Iman tersebut. 

Menurutnya, sampai saat ini Baznas masih mengumpulkan zakat dari pegawai negeri yang dikumpulkan untuk dikelola. "Zakat itu dikelola, jadi sifatnya usaha bukan bantuan tunai, tapi bantuan usaha bagi penerima zakatnya. Yang harus didorong adalah masyarakat umum, perusahaan-perusahaan, zakatnya cukup melalui Baznas," katanya. 

Menurutnya, kebiasaan masyarakat dalam bulan suci Ramadhan adalah membayar zakat langsung ke Amil Zakat, ini yang didorong agar bayar zakatnya cukup lewat Baznas. Pasalnya, zakat yang ada di Baznas ini akan dikelola, tidak langsung bantuan tunai. Kalau zakat kan, misalnya, punya satu juta langsung dibagi berapa orang. Kalau Baznas akan dikelola, akan dibuatkan usaha. 

"Dibutuhkan sosialisasi dari Baznas sendiri, dan pemerintah mendorong supaya membayar zakat itu cukup ke Baznas saja. Kalau melalui Baznas tidak hanya mencukupi satu bulan, tapi kebutuhan satiap harinya, kebutuhan satu tahun, itu yang didorong," tandasnya. 

Disinggung jenia usaha apa saja yang dikelola Baznas, Bupati menyebutkan banyak. Seperti Bazmart. Tadi ada juga diserahkan Sisa Hasil Usaha (SHU) dari Bazmart. Jadi dari hasil usaha yang dikelola Baznas, itu yang diberikan pada penerima zakat yang sudah ditetapkan.

"Misalnya nih, pemilik modal yang di situ ada 30 orang penerima zakatnya, fakir miskin, jadi orang-orang ini akan menerima hasil usahanya. Dan ini rutin setiap bulan, jadi tidak hanya di bulan suci Ramadhan saja. Jadi kalau dulu tiap bulan Ramadhan, misalnya, bisa menerima 1-2 juta per bulan sekali saja, kalau ini terus-menerus. Jadi dipastikan tiap bulannya fakir miskin ini dijamin oleh Baznas. Ada juga usaha ternak kambing, pertanian dan usaha-usaha produktuf lainnya, yang dikelola oleh Baznas sendiri," papar Bupati Pelalawan Zukri didampingi Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin. 

Lanjutnya, karena itu dia menghimbau kepada masyarakat Pelalawan untuk membayar zakatnya lewat Baznas saja. Kalau pun tiap tahun sudah kebiasaan membayar zakat secara pribadi, paling tidak disisihkan separuh untuk disalurkan ke Baznas. Di Baznas, masyarakat akan lebih beruntung dan Insha Allah pahalanya akan semakin besar. 

"Karena uang zakatnya dikelola secara produktif dan bisa dipertanggungjawabkan dunia-akhirat," tukasnya. 

Seperti biasanya, dalam kunjungan safari ramadhan, Bupati menyerahkan secara langsung bantuan insentif untuk imam mesjid dan bilal, insentif untuk guru TPA/MDTA, santunan bagi anak yatim, penyerahan saguhati ramadhan dari program Baznas Peduli serta penyerahan share profit Baznas. Juga diserahkan Bupati Pelalawan, bantuan sembako dari perusahaan Musim Mas. 

Hadir menyertai Bupati Pelalawan dalam safari ramadhan itu, Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin SH, MH, Sekda Pelalawan Drs. HT. Mukhlis, anggota DPRD Pelalawan Nazaruddin Arnazh, Kadiskominfo Pelalawan Hendri Gunawan, Kadishub Pelalawan Ferry Zulkarnain Fasda Bino, Sekretaris Arsip dan Perpustakaan Pelalawan Tengku Junaidi, Camat Bandar Petalangan Syamsi dan ratusan masyarakat Bandar Petalangan yang ikut berbuka bersama Bupati Pelalawan. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar