Pemkab Rohil Launching Aplikasi SPPD Elektronik

ROKAN HILIR (Riaubernas) - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH ,launching Aplikasi SPPD Elektronik (E-SPPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil, Rabu (9/2/2022).

Launching aplikasi SPPD elektronik tersebut yang ditaja oleh Diskominfotik Rohil di Lantai 4 kantor Bupati Rohil 

Kegiatan itu turut dihadiri Plt Kadiskominfotik Indra Gunawan, Sekwan DPRD Rohil Sarman Syahroni, beberapa kepala OPD, Kabid IKP Hasnul Yamin serta perwakilan seluruh OPD.

Wabup memberikan apresiasi kepada dinas komunikasi informatika atas launching aplikasi E-SPPD yang merupakan kegiatan penting dan strategis dalam melaksanakan amanat perpres RI nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Penggunaan teknologi di lingkungan pemerintahan dalam hal ini adalah sistem informasi berbasis elektronik dapat memudahkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam mencapai terwujudnya government atau sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dia juga menerangkan, perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat di era digital seperti ini manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. 

"Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia, teknologi telah dapat di gunakan manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan peran penting teknologi 

"Teknologi Inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital," sebutnya. 

Menurut dia bahwa Sistem pemerintahan berbasis elektronik bertujuan meningkatkan mutu layanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi 

Lanjutnya Dalam proses penyelenggaraan pemda agar dapat terbentuk ke pemerintah yang bersih dan transparan dan agar dapat menjawab tuntutan perubahan secara efektif mendukung good government.

Aplikasi perjalanan dinas secara elektronik adalah sebuah aplikasi difungsikan sebagai sarana membantu pegawai mempercepat proses administrasi pembuatan surat perjalanan dinas .

Selain itu mempercepat perhitungan rincian biaya perjalanan di lingkungan instansi pemerintahan. Aplikasi ini juga, mengusung kebijakan paperless yang artinya meminimalisir penggunaan kertas.

Aplikasi E-SPPD dapat meningkatkan percepatan pelayanan administrasi perjalanan dinas berbasis elektronik dengan adanya aplikasi ini 

"Diharapkan aplikasi dapat permudah penyampaian laporan perjalanan dinas sehingga meningkatkan kinerja pelayanan publik di Rokan Hilir,"katanya 

SPPD yang akan dijalankan ini memiliki fitur diantaranya manajemen kepegawaian manajemen nota permintaan perjalanan dinas (NPPD) manajemen surat perintah tugas (SPT) manajemen surat perintah perjalanan dinas (SPPD) manajemen laporan perjalanan dinas (LPD) serta manajemen kuitansi pembayaran.

Kemudian sebagai wujud dari implementasi instruksi presiden nomor 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional dalam pengembangan e- government dilatarbelakangi oleh semangat mewujudkan pemerintahan yang bersih transparan dan mampu menjawab tuntutan perubahan.

"Saya sangat mendukung penerapan aplikasi SPPD ini di lingkungan pemerintahan Kabupaten Rohil yang memberikan kemudahan dalam administrasi perkantoran .Dengan ada aplikasi ini menjadi bukti komitmen pemda dalam meningkatkan kemajuan daerah di bidang teknologi khusus sistem pemerintah berbasis elektronik di lingkungan pemkab Rohil," paparnya. 

Dalam kesempatan itu, Wabup menghimbau kepada seluruh OPD supaya turut berpartisipasi aktif hingga pengetahuan dan informasi diperoleh dapat diterapkan setiap masing masing OPD penggunaan aplikasi SPPD 

"Semoga aplikasi ini dapat permudah penyampaian laporan perjalanan dinas serta meningkatkan kinerja pelayanan publik di Rohil khususnya ,"tandasnya (Syofyan Rambah)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar