Akibat Banjir Bandang, Sejumlah Rumah di Kecamatan Kelayang Inhu Tengelam

INHU, RIAUBERNAS.COM - Awal tahun 2022, banjir bandang melanda sejumlah Desa di Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, akibat hujan deras yang merata dan meluapnya anak sungai di sejumlah Desa, Senin 10 januari 2022.

Seperti di Desa Sungai Kuning Benio, sekira pukul 1.30 Wib, banjir merendam sejumlah rumah dengan ketinggian air 1 sampai 2 meter, hingga beberapa warga harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Data sementara, di Desa Kuning Benio ada 280 Kepala Keluarga terdampak banjir dan 20 kepala Keluarga dilakukan evakuasi untuk mengungsi, serta aktivitas desa terputus, karena warga disibukan dengan berbenah menyelamatkan barang-barang berharga agar tidak terkena air.

Kepala Desa Sungai Kuning Benio saat dikonfirmasi menjelaskan, banjir bandang terjadi mulai tengah malam dengan menenggelamkan beberapa tempat fasilitas umum, seperti Sekolahan dan Masjid maupun moshola. Tidak hanya itu saja, 280 Kepala Keluarga terdampak.

Air mulanya datang dari luapan anak Sungai Kuning Benio yang disertai hujan deras mengaliri ke rumah warga dengan ketinggian lebih kurang 1-2 meter, hal ini tidak seperti banjir biasanya.

"Kali ini banjirnya luar biasa hingga ketinggian air lebih kurang 2 meter, seperti tampak dirumah saya sendiri air mengalir deras dan mengenangi beberapa rumah disekitarnya. Dan bahkan di jalan poros sendiri air mencapai ketinggian 1 meter lebih," jelas Kades Sungai Kuning Benio Jonaris, Senin 10 Januari 2022.

Selain rumah terendam Banjir, banyak barang berharga turut terendam seperti, Motor, Mobil warga, dan surat-surat berharga juga tidak luput kenak air. Tidak hanya Desa Sungai Kuning Benio yang terkena banjir bandang, melainkan Desa Simpang zkota medan, Desa Pelangko, dan Desa Tanjung Beludu yang ada di Kecamatan Kelayang.

"Sementara ini warga hanya bisa melakukan evakuasi seadanya saja, karena pihak pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu belum tampak hadir dilokasi," ungkap Kades.

Kepala Desa berharap agar pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu segera tanggap dan mengirimkan beberapa peralatan evakuasi warga seperti perahu karet dan tenda pengungsian.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah Inhu, Ergusfian mengatakan, belum mendapat informasi adanya terkait banjir bandang di Kecamatan Kelayang, namun dirinya tetap menghimbau kepada warga agar selalu tetap waspada dan pihak KPBD akan mengirimkan Tim ke lokasi.

"Ini bisa dikatakan banjir bandang, karena banjir mendadak dan tadi malam tim dari KPBD Inhu juga melakukan pantauan di Desa Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal. Kalau untuk di Kecamatan Kelayang belum dapat Informasi, nanti kalau dapat info saya kabari, tetapi masyarakat setempat tetap waspada," ungkap Ergusfian. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar