Sisir Hutan dan Lahan, Serda Sarju Bersama Warga Tidak Temukan Titik Api

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Tualang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Sarju bersama masyarakat menyisir hutan dan lahan di Kampung Tualang Kecamatan Tualang  Kabupaten Siak. Dalam penyisiran itu tidak menemukan titik api.

"Saat ini, Kampung Tualang nihil dari titik api, kata Serda Sarju saat melakukan sosialisasi Karhutla bersama masyarakat Kampung Tualang, Minggu (10/10/2021).

Perihal lahan, lanjut dia, kan masih ada cara lain dalam membuka lahan, tanpa harus dibakar. "Bisa saja melakukan  secara manual, melalui menebas, menyabit atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," jelasnya.

Ia juga menceritakan dampak yang ditimbulkan jika terjadi karhutla. "Dampaknya cukup besar, dari merusak ekosistem hutan sampai menyebabkan polusi udara. Maka, mari sama sama kita jaga hutan dan lahan agar tidak terbakar," ingat dia.

Bagi masyarakat yang terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, maka akan dipidana. "Penjara paling lama 10 tahun, maka jangan lakukan itu," tegasnya.

Masyarakat berpendapat, dengan adanya Patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat, hal itu sangat bermanfaat. "Masyarakat berjanji akan mengikuti arahan disampaikannya itu," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar