39 Finalis Dari 34 Provinsi Berebut Mahkota Putri Indonesia

19 Februari, Final Putri Indonesia 2016

Puteri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri berfoto bersama finalis Puteri Indonesia 2016 di Jakarta, Jumat, 12 Februari 2016. (Istimewa))

JAKARTA, RIAUBERNAS.com - Malam Final Puteri Indonesia 2016 akan digelar pada 19 Februari di Jakarta Convention Center. Namun tahun ini, tidak akan dihadiri oleh Miss Universe 2015, Pia Alonzo Wurtzbach karena harus menghadiri New York Fashion Week.

"Sebagai gantinya, kami akan menghadirkan Miss International 2015 asal Venezuela, Edymar Martinez," kata Ketua Dewan Pembina YPI, Putri K Wardani saat jumpa pers di kawasan Senayan, Jumat (12/2/2016), seperti dilansir BeritaSatu.com.

Ia menjelaskan dalam pemilihan Puteri Indonesia 2016 kali ini, terdapat 39 finalis dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang mengikuti acara tersebut. Kejayaan Kerajaan Sriwijaya, Palembang, menjadi tema yang diangkat oleh Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dalam gelarabn pemilihan Puteri Indonesia 2016.

"Setiap tahun kami selalu mengangkat tema berbeda. Harapannya, dengan membawa budaya Indonesia, kami bisa ikut menggalakkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budaya mereka sendiri," ujarnya.

Menurutnya, di tahun ini agak sedikit istimewa dan berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, di malam final nanti Menteri Pariwisata, Arief Yahya dikabarkan akan menjadi juri.

Selain itu, lanjutnya, terdapat perbedaan pula pada mahkota Puteri Indonesia 2016. "Kami ingin menonjolkan ciri khas Indonesia yang dapat dikenali di internasional. Maka, muncul desain Borobudur," ujar Putri.

Terdapat tiga mahkota dengan warna dominan berbeda. Merah melambangkan keberanian Puteri Indonesia untuk cinta terhadap Tanah Air. Mahkota ini akan disematkan pada Puteri Indonesia 2016. Sementara Puteri Indonesia Lingkungan 2016 akan memakai mahkota berwarna hijau yang melambangkan alam Indonesia. Warna lainnya, biru akan disematkan kepada Puteri Indonesia Pariwisata 2016. Biru melambangkan gelombang lautan yang ada di Indonesia. (***)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar