Bantuan Hukum Bidang Perdata Dan Tata Usaha Negara, Lima BUMD Teken MoU Dengan Kejari Siak

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak melakukan  Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lima BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) yang ada di Kabupaten Siak dan Pemerintah Kabupaten Siak. 

Lima BUMD tersebut masing-masing PT. Bumi Siak Pusako, PT. Permodalan Siak, PT. Sarana Pertambangan dan Energi (SPE), PT. Kawasan Industri Tanjung Buton, serta PT. Sarana Pembangunan Siak, terkait masalah hukum perdata dan tata usaha negara, yang dilaksanakan pada hari Jum'at (11/6/21) di ruang rapat Raja Indra Pahlawan (Lt II Kantor Bupati).

Penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Jaja Subagja, SH, MH, Bupati Siak Drs. H. Alfedri, Asdatun Dzakiyul Fikri, SH, MH, Kepala Kejaksaan Negeri Siak Dharma Bella Tymbasz dan unsur Forkomimda serta seluruh Kepala OPD di pemerintahan Kabupaten Siak. 

Dalam sambutannya, Kejari Siak Dharma Bella menyampaikan, bahwa MoU ini merupakan pintu masuk sebagai pengacara negara. "Hari ini kami sudah Sah sebagai fungsi legal asisten legal, saran-saran hukum nanti bidang Datun yang akan mendampingi para BUMD maupun untuk Pemkab Siak," ucap Kajari Siak Dharma Bella. 

Dalam laporan sambutan terhadap Kejati Riau, Dharma Bella akan membentuk tim untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Yang menjadi  perhatian kami yang mana dalam hal pendapatan asli daerah Siak masih rendah, dan untuk itu kedepan yang menjadi prioritas bagi kami untuk membentuk tim dalam mengoptimalkan PAD yang nantinya akan dibentuk tim teknis di OPD satuan kerja di Kabupaten Siak," kata dia. 

Kajati Riau, melalui sambutannya Kejari Siak, sebagai Pengacara Negara diharapkan bisa saling berkoordinasi dan berkomunikasi, serta beliau selalu mengingatkan kita untuk menjaga 3M dan untuk bersedia di vaksin.

Sementara itu, Bupati Siak mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Siak kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kejaksaan Tinggi Negeri Provinsi Riau di Kota Istana Siak.

Kami mengucapkan terima kasih karena Bapak telah meluangkan waktu pada hari ini. Acara ini telah dimulai dengan Penandatanganan MOU antara Pemerintah Kabupaten Siak dan beberapa BUMD se-Kabupaten Siak bersama Kejaksaan Negeri Siak. 

"Diharapkan dengan kedatangan Bapak Kajati ke Siak ini, dapat memberikan arahan-arahan kepada kita untuk pembekalan sekaligus memberikan motivasi dan menyemangati kita melaksanakan tata kelola pemerintah dengan baik selaku Aparatur Sipil Negara secara profesional dan melaksanakan tugas secara efektif dan akuntabel. Sehingga kinerja dari Pemerintah Kabupaten Siak termasuk beberapa BUMD bisa lebih baik dimasa yang akan datang," ucap Alfedri

Ditambahkan Alfedri, tujuan dari Penandatanganan MOU ini adalah untuk mendapatkan berbagai pendapat-pendapat hukum bahkan pendampingan hukum baik di Pengadilan maupun diluar pengadilan selaku Jaksa Pengacara Negara.  Ada 5 BUMD yang ikut dalam penandatangan MOU ini yaitu PT. Bumi Siak Pusako,  PT.  Permodalan Siak, PT. Sarana Pembangunan Siak, PT. Siak Pertambangan Energi, dan PT. KITB. Diharapkan lima BUMD ini dapat siap untuk menerima arahan-arahan dan pendapat hukum dimasa yang akan datang.  

Untuk Pemerintahan Desa juga mendapat pendampingan dalam TP4B dan dilanjutkan dengan Jaksa Jaga Desa. Hal ini dapat diberikan bimbingan bagaimana tata cara pengelolaan keuangan agar lebih tertib sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang berhubungan dengan hukum," tutup Alfedri. (Adv/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar