Sagu di Meranti Miliki Potensi Besar ke Pasar Internasional

Pj.Bupati Drs H.Edi Kusdarwanto.MM menyampaikan sambutannya saat membuka seminar tentang Pemberdayaan Masyarakat di Selatpanjang. (azwin)

KEPULAUAN MERANTI, RIAUBERNAS.com - Masyarakat sudah sepatutnya menyadari dan bersyukur telah dianugerahi Sumber Daya Alam (SDA) berupa sagu. Apalagi bahan baku sagu memiliki potensi besar jika dikemas dalam berbagai produk.

Ini terungkap dalam seminar Sehari Peran Organisasi Kepemudaan/Organisasi Masyarakat dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti Selatpanjang, yang disampaikan oleh Pj.Bupati Drs H.Edi Kusdarwanto.MM, Minggu (14/2/2016) di Ballrom Grand Meranti Hotel Selatpanjang.

Ia menjelaskan dari sisi sejarah Selatpanjang ini mempunyai potensi besar karena punya potensi menjadi pasar internasional.

"Jadi meskipun saya tinggal 3 hari lagi menjabat, namun saya memiliki perhatian besar terhadap daerah ini. Saya akan tetap berada di sini bersama Pak Misri Hasanto melalui Organisasi Kemasyarakatan guna mengemas Pemberdayaan Masyarakat kemajuan Meranti ke depannya," katanya.

Menurutnya, penyadaran diri juga pemberian motivasi menjadi salah satu pembuka akses dalam membudiyakan masyarakat. Untuk itu, perlu adanya kerja sama guna meningkatkan kerja nyata dalam pengelolaan akses wawasan ke depannya.

Salah satu pembicara, Prof Bintoro dari IPB Bogor mengatakan dalam pengembangan budi daya masyarakat, diperlukan salah satu produk yakni sagu, misalnya, dijadikan produk yang dikemas secara baik dalam tatanan kemasyarakatan.

"Minimal kita perlu keterampilan dan pengetahuan dalam mengemas suatu produk lokal agar menjadikan produk kita maju di Provinsi Riau dan di nasional," tandasnya. (azwin)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar