Perang Lawan Corona, Yonif MR 412/Kostrad Semprotkan Disinfektan Sterilkan Kampung

JAKARTA – Dalam upaya memerangi dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Jawa Tengah, prajurit Yonif Mekanis Raider 412/Kostrad melaksanakan sterilisasi kampung dengan penyemprotan disinfektan. Hal tersebut disampaikan Danyonif Mekanis Raider 412/Kostrad, Mayor Inf Mochammad Renaldy Herbowo, S.Sos, M.Si, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (28/4/2020).

Lebih lanjut dikatakan Danyon, penyemprotan disinfektan yang dipimpin Pasi Intel Batalyon, Kapten Inf Eko, dikemas dalam kegiatan karya bakti ini, menyasar lingkungan RW.07 Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, pada Senin kemarin (27/4/2020).

“Penyemprotan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, mengingat kompleks tersebut merupakan lingkungan permukiman padat penduduk. Selain itu, penyemprotan disinfektan ini kita gelar sebagai langkah antisipasi mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan warga sekitar batalyon,” jelas Renaldy.

Tak hanya penyemprotan, sambung Renaldy, prajurit Yonif Mekanis Raider 412/Kostrad juga menyelenggarakan sosialisasi Covid-19 kepada warga agar lebih memahami dan mengerti cara pencegahannya. 

“Dalam sosialisasi ini, kita tetap memberlakukan menjaga jarak (physical distancing) untuk menghindari kerumunan,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Dokter Batalyon, Lettu Ckm dr. Rio Putra, bahwa penyemprotan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka mecegah penyebaran virus Corona. “Kegiatan penyemprotan ini untuk mencegah penyebaran virus Corona di Kelurahan Baledono,” ujarnya.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa penyemprotan kali ini dilakukan secara menyeluruh. Tidak ada satupun rumah yang luput dari sterilisasi itu. “Bahkan kendaraan, sudut bangunan, jalan, pos ronda, dan kamar mandi umum, turut disemprot,” imbuhnya. 

Rio menambahkan, untuk menjamin keamanan personel dan juga anggota yang melaksanakan kegiatan, para personil dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) sehingga aman saat menyemprot.

Sementara itu, Lurah Baledono, Firman Isyanto, menyampaikan kegembiraan dan rasa terima kasihnya atas penyemprotan yang dilakukan TNI khususnya Yonif Mekanis Raider 412/Kostrad di wilayahnya.

“Dengan penyemprotan dan sosialisasi ini, kami lebih tenang dan lebih bisa mencegah masuknya virus Corona ke lingkungan kami. Meski begitu kami tetap dihimbau untuk waspada, menjaga jarak dan pakai masker kalau keluar rumah. Sekali lagi kami berterima kasih atas kepedulian Bapak TNI kepada warga Kelurahan Baledono untuk perangi Covid-19 ini,” pungkas Firman bangga. (***)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar