Pemkam Pinang Sebatang Wujudkan Kampung Wisata

Tradisi Balimau Kasai menyambut bulan suci Ramadhan di Pujasera Kampung Pinang Sebatang setahun sekali.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Komitmen Pemerintah Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, dalam mewujudkan Kampung wisata tidak diragukan lagi. Pasalnya, Pemerintah sudah menyediakan Icon buat masyarakat untuk menghabiskan santai sore diakhir pekan, yaitu Pujasera Feri Kampung Pinang Sebatang.

Pujasera yang berlokasikan di tepian Sungai terdalam di Indonesia itu, merupakan salah satu tempat berkumpul dan rekreasi bagi keluarga yang hendak menyaksikan kapal maupun transportasi air lainnya. Selain tempat rekreasi, area bermain anak-anakpun sangat menarik disana, mulai dari Istana balon, main mobil-mobilan, sampai mandi bola, dan kuliner, pun menjadi incaran anak-anak untuk menghabiskan waktu sore.

 

Tampak pedagang sedang menjual dagangan di Pujasera.

Salah satu pengunjung Pujasera Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang, Udin mengakui sangat positif tentang keberadaan Pujasera di Kampung Pinang Sebatang. Selain menambah daftar kunjungan masyarakat, Pujasera ini menjadi icon sangat menarik untuk mewujudkan Kampung Wisata di Kota Industri.

"Ini potensi sangat bagus untuk menambah perekonomian masyarakat, cuma perlu ditambah lagi pohon-pohanannya agar Pujasera tetap rindang saat terik panas menerangi Kampung Wisata itu," jelas Udin yang merupakan warga Perawang barat itu, saat dijumpai Riau Bernas,com di Tualang, Senin (24/6/2019).

Untuk menunjang dan mendukung Kampung Pinang Sebatang menjadi Kampung wisata, Pemerintah Kampung telah berupaya menambah tempat kunjungan, sehingga masyarakat ke kampung Pinang Sebatang tidak perlu bingung lagi, mulai dari Rumah susun sewa (Rusunawa). Rusunawa dengan lantai 3 itu lengkap dengan fasilitas, dan didukung jalan yang bagus membuat kampung Pinang Sebatang menjadi tujuan menarik untuk bermalam di Pinang sebatang. Kurang lebih 10 menit dari Pusat kota Perawang, Pinang Sebatang menjadi tempat starategis, karena berdekatan dengan Perusahaan Terbesar di Asia tenggara, yaitu PT. IKPP Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Penghulu Kampung Pinang Sebatang, Bambang Saputra, SH mengatakan, bahwa Kampung Pinang Sebatang sudah ditetapkan menjadi Kampung wisata. "Hampir Ribuan masyarakat hadir kesini setiap minggunya untuk menikmati Pujasera lengkap dengan arena bermain anak anak. Ini cocok bagi orang tua untuk membawa anak ke Pujasera," jelas Bambang Saputra, SH kepada Riau Bernas.com, Selasa (25/6/2019).

Bambang berupaya menjadikan Kampung semasa kecilnya itu menjadi icon di Kecamatan Tualang, kalau perlu di Provinsi Riau. "Kita tengah berupaya menata dan menambah pembangunan Pinang Sebatang, agar Pinang Sebatang terlihat indah, aman, dan menjadi Kampung mandiri buat masyarakat, serta menjadi kampung yang diperhitungkan di Kabupaten Siak maupun Provinsi Riau umumnya," harap Bambang. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar