Mantap, Wartawan Lulus UKW Disejajarkan Dengan ASN, Ini Komentar Hermansyah Dan Oktaf Riady

Para Wartawan yang menerima sertifikat UKW bersama Bupati Serdang Bedagai, Dandim, Kapolres, Kejari, dan Ketua PWI Sumatra Utara.

SUMUT, RIAUBERNAS.COM - Di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara, sejumlah wartawan yang lulus Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIII yang digelar oleh PWI Sumut diberikan penghargaan langsung oleh orang nomor satu di Serdang Bedagai.  

Penghargaan ini berupa diserahkannya secara langsung Sertifikat dan Kartu UKW oleh Bupati Serdang Bedagai, Ir. H. Soekirman, kepada para wartawan yang lulus UKW, sempena Upacara Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai ke 15 di Lapangan Firdaus, Sei Rampah, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jum'at (4/1/2019).

Hal ini disampaikan oleh Ketua PWI Sumut, Hermansyah, pada media ini via selulernya, Jum'at (5/1). Menurutnya, para wartawan yang lulus UKW ini mendapat penghormatan karena disejajarkan dengan pemberian penghargaan pada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Serdang Bedagai.

"Jadi penyerahan sertifikat dan Kartu UKW oleh Bupati Soekirman berbarengan dengan pemberian penghargaan pada ASN yang telah mengabdi puluhan tahun di Pemkab Serdang Bedagai. Pemberian sertifikat dan Kartu UKW pada wartawan kompeten ini baru pertama kali terjadi, yang diserahkan langsung oleh Bupati seiring pemberian penghargaan pada ASN sempena HUT Kabupaten Serdang Bedagai. Ini adalah sebagai bentuk kehormatan bagi para wartawan yang lulus UKW," terangnya.

Di samping itu, lanjutnya, pemberian penghargaan ini juga sebagai lecutan semangat bagi rekan-rekan wartawan yang lain yang belum mengikuti UKW, agar memiliki niat untuk mengikuti kompetensi wartawan sebagai bentuk keprofesional profesi para junalis.

"Penghargaan ini memang bukan dalam bentuk kesejahteraan, tapi setidaknya dengan diserahkan langsung sertifikat dan Kartu UKW oleh Bupati dan diberi ucapan selamat oleh para pejabat tinggu daerah,  mereka mempunyai kebanggaan tersendiri. Apalagi pemberiannya disejajarkan dengan ASN yang diberikan penghargaan juga atas pengabdian mereka tanpa putus. Moment-nya pun tepat di acara HUT Kabupaten," katanya.

Diakui Hermansyah, bahwa ini memang baru pertama kali terjadi, wartawan yang lulus kompetensi diberi ucapan selamat oleh Bupati dan petinggi daerah lainnya. Konteks pemberian penghargaan yang dilakukan dengan cara ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat bagi rekan-rekan wartawan lain yang ada di daerah ini maupun di luar Provinsi ini, agar mau mengikuti UKW dalam upaya menuju wartawan yang bermartabat dan profesional.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Advokasi Pembelaan Wartawan PWI Pusat, H. Octav Riady, saat dimintai komentarnya soal ini mengatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh Bupati Serdang Bedagai adalah sebagai bukti bahwa kedudukan wartawan kompeten sudah setara dihargai dengan para ASN. Apalagi wartawan kompeten itu dibariskan bersama ASN yang mendapat penghargaan karena pengabdian dan kesetiaannya selama 20, 25, dan 30 tahun tak terputus.

"Para wartawan kompeten itu mendapat ucapan selamat dari orang nomor satu Sergai, H Soekirman dan Ketua PWI Sumut Hermansjah, bersama unsur Muspida antaran lain Dandim, Kapolresta, Kajari dan para camat dan lurah di jajaran Kabupaten Sergai, sekaligus penyerahan kartu dan sertifikat kompeten Dewan Pers. Apa yang dilakukan Bupati Sergai ini patut kita apresiasi dengan baik, dan kita berharap semua pejabat di negeri ini mengikuti apa yang dilakukan Bupati di Serdang Bedagai. Karena wartawan yang telah mengikuti UKW adalah sebagai tolak ukur wartawan profesional," jelasnya.

Mantan Ketua PWI Sumatra Selatan ini mengatakan, bahwa sampai akhir tahun 2018 sudah ada 10 ribu lebih wartawan PWI di berbagai daerah di Indonesia yang lulus UKW, dengan berbagai tingkatan.  Diharapkan di tahun ini kualitas wartawan yang lulus UKW akan semakin meningkat. (ndy)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar