Ekonomi RI di Tahun 2019, Ini Prediksi Sri Mulyani

Sri Mulyani

JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan optimismenya terhadap kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2019 mendatang. Menurutnya, tanda-tanda yang menunjukkan optimisme kondisi ekonomi Indonesia sudah ditunjukkan sejak semester II tahun 2017. 

"Tanda optimisme muncul dalam bentuk semester II tahun 2017 sudah menggambarkan pick up growth Indonesia muncul dari agregat demand dan supply. Kita lihat ekspor tumbuh positif, dan itu suatu perubahan," ujar Sri Mulyani ketika memberikan sambutan dalam acara Indonesia Economic Outlook (IEO) 2019 di kawasan Kementerian Keuangan, seperti dilansir Kompas.com, Senin (24/9/2018). 

Namun sayangnya, dengan berbagai dinamika ekonomi yang muncul, ternyata pertumbuhan impor jauh lebih cepat dibandingkan dengan ekspor. Dia mengatakan, naiknya ekspor Indonesia sebesar 4 hingga 5 persen tak sebanding dengan impor yang meningkat hingga 20 persen per tahun. Sehingga, posisi defisit transaksi berjalan Indonesia pada semester II 2018 ini mencapai 13,7 miliar dollar AS. 

"Arus modal masuk tahun ini pun tak sebesar tahun 2016 dan 2017 lalu. Namun, dengan kebijakan makro yang semakin kredibel, yaitu dari inflasi yang terjaga pada 3,5 persen dan stabil selama 4 tahun, merupakan salah satu indikator optimisme perekonomian Indonesia tahun depan," katanya. 

Lanjutnya, tahun depan konsumsi tetap tumbuh 5,1 persen, dan investasi tumbuh di 7 persen, ekspor 6,3 persen, dan impor bisa dijaga di 7,1 persen. Di sisi lain, sektor pertanian, menurut Sri Mulyani, akan tetap tumbuh sehat di atas 3 persen mendekati 4 persen. Sektor manufaktur diharapkan bisa tumbuh hingga 5 persen, meski sektor pertambangan masih harus terus digenjot. Untuk konstruksi, tahun 2019 akan tumbuh di kisaran 5,6 persen, bahkan sketor transportasi dapat mendekati 9 persen. 

"Dengan inilah kita berharap pertumbuhan ekonomi 5,3 persen tetap kita jaga, meski suku bunga masih akan mengalami tekanan agak naik," tukasnya.(*)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar