Tour De Kampung ke-19, Warga Pertanyakan Truck Over Kapasitas Lewat Dan Rusak Jalan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Acara tour de kampung, Selasa (9/10/2018) di Kampung Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang Siak, merupakan Tour de Kampung yang ke-19 digelar pada tahun 2018 ini.

Dihadiri oleh Camat Tualang, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Kadis Kominfo, Kadis Kependudukan, Kadispora, para pejabat eselon III dan IV, beberapa penghulu Kecamatan Tualang,  Aparatur Kampung Pinang Sebatang Barat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta masyarakat Pinang Sebatang Barat.  

Acara yang dibuka dan di pandu oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Yurnalis, S.Sos, M.Si tersebut, disesi tanya jawab dari Masyarakat yang langsung dijawab oleh Dinas yang bersangkutan.

Suasana cair dalam pertemuan membuat masyarakat secara terbuka menyampaikan permasalahan-permasalahan di kampung Pinang Sebatang Barat kepada pemerintah Kabupaten agar dapat memberikan solusi dengan cepat.

Mulai masalah lingkungan dan hutan, persoalan infrastruktur jalan dan jembatan, masalah sarana prasarana yang bermanfaat bagi masyarakat di kampung seperti lapangan olahraga, hingga persoalan lahan. Hal tersebut mengemuka Selasa sore di Kampung Pinang Sebatang Barat, dimana puluhan masyarakat hadir menyampaikan aspirasinya dan diterima langsung Pemkab Siak.

Seperti salah seorang warga bernama Masri, Ia mempertanyakan banyaknya kendaraan berat yang melintas di kampungnya sehingga mengakibatkan kerusakan jalan.

Menurutnya, hal ini hanya bisa dicegah oleh pemerintah dengan aturan yang jelas. Begitu pula mengenai dukungan pemerintah terhadap sarana dan prasarana olahraga di kampungnya, yang sangat diperlukan masyarakat.

Sementara itu warga lainnya, seorang pemuda dari kampung Pinang Sebatang Barat mempertanyakan perihal kerusakan hutan dan lahan di daerahnya, serta ada persoalan mengenai status lahan antara masyarakat dengan perusahaan. Menurutnya hal ini perlu jadi atensi pemerintah untuk ditindaklanjuti kedepan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Yurnalis, menanggapi perihal berbagai masukan masyarakat dan banyak hal lain akan jadi catatan pihaknya. Bahkan beberapa diantaranya juga sudah dijawab langsung oleh beberapa Dinas terkait yang hadir.

"Poin-poin lain kami catat dan akan jadi pembahasan lebih lanjut untuk diteruskan ke dinas terkait,  hal ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah dirasakan langsung di tengah masyarakat", pungkasnya. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar