Ini Cara Warga Kota Pangkalan Kerinci Meriahkan 17an

Kemeriahan pada acara peringatan tujuhbelasan di Perumnas Griya Rumah Kita Pangkalan Kerinci

PANGKALAN KERINCI (Riaubernas.com) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya atau di kenal dengan sebutan tujuh belasan. Setiap tahunnya acara tujuh belasan di sambuit antusias oleh seluruh masyarakat seentero negeri. Mulai dari menghias kampung, berbagai perlombaan dan ragam permainan rakyat menjadi bagian dari semaraknya perayaan tujuhbelasan.

Peringatan tujuh belasan yang ke 73 tahun 2018 ini menjadi begitu spesial bagi masyarakat di Kota Pangkalan Kerinci, khususnya warga di Perumuhan Griya Rumah Kita RT RW : 005/11. Tahun ini menjadi tujuhbelasan perdana, karena RT RW : 05/11 Perumnas Griya Rumah Kita baru saja berdiri, dan masyarakat disana adalah warga baru yang baru beberapa bulan pindahan.

 “Ini kali pertama kita laksanakan acara tujuh belasan, karena disini adalah perumnas baru, semuanya adalah warga baru, tapi alhamdulillah, kekompakan dan kerjasama seluruh warga membuat acara tujuhbelasan sukses dilaksanakan,” terang Ketua Pemuda RT 05 RW 11 Pangkalan Kerinci Kota Adi Saputra didampingi sekretaris panitia Ikhlas Jasmon

Namun semangat memeriahkan acara tujuhbelasan tidak kalah semaraknya dengan apa yang dilakukan masyarakat di tempat lain dalam merayakan momentum kemerdekaan Indonesia ini. Tarik tambang, lari karung dan panjat pinang, menjadi hiburan sekaligus memupuk rasa kebersamaan antar warga.

“Semua kegiatan yang kita laksanakan ini diharapkan dapat menajdi pemupuk rasa kekompakan dan kebersamaan warga, seperti tarik tambang, lari karung dan panjat pinang, adalah hiburan rakyat, yang dilombakan secara kelompok, ada semangat kekompakan di situ,” imbuhnya

Masih dikatakan Adi, pihak panitia membagi ragam perlombaan untuk tiga kelompok, untuk kelompok bapak bapak bapak, kelompok mak mak dan anak anak. Untuk kelompok anak anak, sama seperti acara tujuhbelasan pada lazimnya, ada lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng di sendok, lomba goyang terhebok, dan banyak lagi lomba lainnya. Panitia menyediakan hadiah sebagai motivasi bagi peserta.

“Sangat antusias pesertanya, anak anak sangat menikmati semua perlombaan, mereka bergembira itu yang terpenting, begitu juga dengan kelompok ibu ibu, yang pasti seru lah tujuh belasan perdana kami ini, kalau untuk hadiah,  sudah dipersiapkan panitia, yang pemberian hadiah dibagikan bersamaan dengan acara hiburan di malamnya,” tandasnya

Pada peringatan tujuh belasan tahun depan, Adi menjanjikan akan lebih dipersiapkan lagi agar semua rangkaian kegiatan menjadi lebih semarak dari tahun ini.

“Tahun sudah mantap, tentu setiap tahunnya harus lebih baik, tahun besok pasti kita laksanakan yang lebih semarak lagi,”pungkasnya (apn)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar