Dari Rakor Perpustakaan di Bali

Ciptakan SDM Dengan Gemar Membaca

Kadis Arsip & Perpustakaan Pelalawan, MD Rizal, saat menghadiri rakor perpustakaan di Bali.

BALI, RIAUBERNAS.COM - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pelalawan MD.Rizal menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2017 yang digelar di Denpasar Bali. Dalam rakor yang diadakan dari tanggal 21-23 Maret 2017 itu, mengambil tema Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Pemanfaatan Perpustakaan untuk Membangun Sumber Daya Manusia Indonesia yang Berkualitas."

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof.DR. Muhadjir Effendi, M.Ap. yang membuka rakor tersebut mengatakan bahwa Perpustakaan Nasional harus memprioritaskan membangun di desa-desa pesisir, terpencil, dan sekitar perbatasan. Pembangunan perpustakaan di perkotaan dan kabupaten yang maju tidak perlu lagi diprioritaskan karena akses teknologi masyarakatnya sudah lebih melek.

"Sudah saatnya Perpustakaan Nasional perlu mencetak buku-buku untuk membangun perpustakaan di daerah pesisir, terpencil, dan perbatasan. Wilayah perkotaan, apalagi pusat kota, tak perlu lagi diperhatikan berlebihan," katanya pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2017 di Hotel Kartika Plaza, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (21/3).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pelalawan MD.Rizal sendiri dikonfirmasi langsung media ini via selulernya menyatakan dukungannya atas apa yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Menurutnya, salah satu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah dengan gemar membaca, dan itu harus dini.

"Tentu untuk menumbuhkan hal tersebut, perlu dibangun infrastruktur yang memadai guna menumbuhkembangkan minat baca pada anak-anak, khususnya siswa," katanya.

Hadir dalam rakor tersebut, Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Puto Sanjoyo, BSEE. MBA, Wakil Komisi X DPR-RI DR.Ferdiansyah, Dirjend Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Singgih Wirato, SH, M.Hum, Dirjend Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Ibu Ir.Diah Indrajakti, M.Sc, Dirjend Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud dan Kebudayaan RI, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D. Sekjend Kemdikbud RI, Didik Suhardi,Ph.D, Deputi Bidang Kementerian Perencanaan dan Pembangunn Nasional Ir.Kennedy Simnjuntak, MA, Direktur Direktorat Dikti, Iptek dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D dan beberapa pejabat di Perpustakaan Nasional RI. Acara rakor ini dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof.DR. Muhadjir Effendi, M.Ap. (sam)



Editor    : Andy  Indrayanto
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar