Elnusa Dukung Pengembangan Teknologi Inovatif untuk Solusi Energi Berkelanjutan

Jakarta – PT Elnusa Tbk (ELNUSA IDX: ELSA), Perusahaan jasa energi terkemuka yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, terus berkomitmen terhadap solusi energi berkelanjutan. Elnusa secara aktif terlibat dalam berbagai inisiatif yang bertujuan untuk mengoptimalkan teknologi produksi dan meningkatkan pemulihan minyak melalui pendekatan inovatif.

Elnusa kini fokus untuk mengembangkan bisnis yang lebih ramah lingkungan sesuai dengan strategic direction Perusahaan. Salah satu yang telah dilakukan adalah implementasi Studi Reservoir & Enhanced Oil Recovery (EOR). Pada tahun 2018, Elnusa berhasil melakukan aplikasi EOR injeksi polimer di sumur T46 di Lapangan Tanjung, Aset 5 PEP. Penawaran layanan ini memperlihatkan keahlian Elnusa dalam pemodelan dan simulasi reservoir, yang secara khusus dirancang untuk mengoptimalkan operasi CO2 Huff-and-Puff di reservoir batugamping.

Pada tahun 2023, Elnusa menjalin kesepakatan dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR) untuk melakukan pekerjaan teknologi stimulasi reservoir untuk EOR di Wilayah Kerja Rokan. Dengan berkolaborasi dengan Pertamina Upstream Research and Technology Innovation (URTI), Elnusa telah aktif terlibat dalam mengimplementasikan teknologi stimulasi reservoir di lingkungan PHR WK Rokan. Inovasi ini menegaskan komitmen Elnusa dalam mengatasi kebutuhan bisnis sekaligus berkontribusi pada keberlanjutan sektor energi Indonesia.

Manager Corporate Communication Elnusa, Jayanty Oktavia Maulina mengatakan, Elnusa siap untuk revolusi industri energi melalui terobosan teknologi terkini. "Kami memiliki DNA resilience dan inovasi sejak 54 tahun lalu berdiri, dan dengan itu kami bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan ke depan sesuai dengan Roadmap Environmental, Social, and Governance (ESG) Perseroan yang saat ini sedang ditinjau kembali,” tutur Jayanty.

Jayanty menambahkan, saat ini Elnusa berfokus untuk mengembangkan bisnis yang ramah lingkungan sesuai dengan strategic direction Perseroan. "Meski begitu, Kami tetap menyadari tantangan yang inheren khususnya dalam lanskap bisnis Energi yang berkelanjutan. Perseroan mengakui perlunya beradaptasi dengan tantangan yang berkembang dan perubahan untuk tetap kompetitif dan memberikan nilai bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan,” tutup Jayanty.

Sekilas Elnusa (IDX: ELSA)

Elnusa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Sebagai satu-satunya Perusahaan jasa energy Nasional yang memberikan solusi total, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa penunjang. Lini jasa hulu migas meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM). Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical.

Lini jasa penunjang meliputi jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data. Saat ini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd dan lain-lain. Elnusa terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ‘ELSA’ serta memiliki lima anak perusahaan yang mendukung kompetensinya. Informasi lebih lanjut dapat diakses pada www.elnusa.co.id_ (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar