Ambil Sampel Air Dekat Areal PT IKPP

DLH Siak: Emang Ada Ikan Mati, Hasil Tunggu Pemeriksaan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak, akhirnya turun ke lokasi perairan sungai Siak untuk mengambil sampel air yang diduga tercemar limbah industri.

Terlihat pihak DLH Kabupaten Siak bersama Penghulu Pinang Sebatang Arizal menggunakan Speed boat milik masyarakat untuk mengambil sampel air di dekat Inlet dan Outlet areal PT IKPP Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Kamis (20/7/2023) sore.

"Setelah turun tadi dilapangan dengan penghulu Pinang Sebatang dengan menggunakan pompong masyarakat memang ada satu satu ikan yang mati tapi tak banyak sebagai mana yg diberitakan," kata Kabid Penataan Kapasitas lingkungan hidup dan Kehutanan (P3KLHK) Kabupaten Siak melalui pesan What's app.

Sedangkan ikan yang baru mati itu bisa dikomsumsi oleh masyarakat tapi tak apa apa.

"Tindakan yang kami lakukan telah nengambil sampel air sungai dan sedang diperiksa di Laboratorium Mutu Agung jalan Arifin Ahmad Kota Pekanbaru. Hasilnya baru tahu kalau telah dilakukan pemeriksaan lengkap apakah terjadi pencemaran air sungai," jelasnya

Ditanya, saat mengambil sampel apakah masih tercium bau busuk maupun kondisi air keruh. Ia mengatakan kalau yang tadi kami turun tidak lag karna air sudah pasang.

"Udah tak ada lagi karna sudah beberapa kali pasang  Hasil sampel belum bisa dipastikan tergantung dengan pemeriksaan," tutupnya. (van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar