Silatuhrahmi Ke LAM Riau HR Marjohan Yusuf

DPH LAM Rohil Datuk Sri Jufrizan Bahas Prosesi Pengukuhan LAM Rohil 2022-2027

Silaturahmi Lam Rohil ke LAM Riau Datuk HR Marjohan Yusuf dipekan Baru

Rohil (Riau Bernas.Com)
Para pemangku Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Rokan  Hilir (Rohil) Berkunjung ke LAM Riau guna mempersiapkan prosesi pengukuhan LAM Rokan Hilir masa bakti 2022 -2027

Selain itu juga sekaligus penabalan diberikan sesuai dengan kedudukan jabatan masing masing dalam pengurusan lembaga adat melayu.

"Kunjungan dan silaturahmi ini sekaligus bertujuan mengundang Ketua LAM Riau beserta pengurus dalam prosesi pengukuhan LAM Rohil," Kata Ketua Dewan Pimpinan Harian LAM Rohil Jufrizan M.Noer Spi, saat di dampingi MKA Datuk Nasrudin Hasan Beberapa waktu lalu di Pekan Baru.

Acara pengukuhan pengurus Lam Rohil tersebut Lanjut jufrizan dilaksanakan di balai adat Lam Rohil, jalan kecamatan Batu 6 Kantor Tanggal 19 Juni 2023.

"Pengukuhan pengurus LAM Rohil periode 2022- 2027 merupakan hasil rapat MUSDA LAM Rohil Bulan November tahun 2022 lalu,"Sebutnya.

Lanjutnya, dari Hasil musda menjadi rujukan pengurus LAM Rohil untuk melaksanakan prosesi pelantikan pengurus LAM pada bulan 19 juni 2023.

Sementara itu Sekretaris LAM Rohil Bachtiar ,SH, menjelaskan prosesi pengukuhan penabalan dan oleh Bupati Rohil Sebagai mandat pemegang kekuasaan negeri

Proses penabalan nantinya, lanjut Bachtiar sepertinya LAM akan diantarkan tepak ke rumah Bupati prosesi adat meminang beliau (Bupati) akan dijadi pemangku adat daerah (Rohil)

"Proses penabalan Bupati akan diberikan gelar datuk Sri Setia amanah Sedangkan Wakil Bupati digelar timbalan Sri Setia amanah ," kata Bahtiar

Dalam Proses puncak penabalan nantinya Bupati Rohil disambut dengan kompang, dan pencak Silat dan Memutui Obek (Tali) Artinya digambarkan ibarat raja disambut dengan gemuruh.

"Kita harapkan semua pihak untuk mendukung prosesi pengukuhan dan penabalan LAM Rohil pada 19 juni 2023 nantinya," Pungkasnya

( Infororial )


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar