Elnusa Raih Kenaikan Peringkat dari idAA-/Stable Menjadi “IdAA/Stable"

Jakarta – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Perusahaan penyedia jasa energi terkemuka memberikan energi positif kepada para pemegang saham melalui keberhasilannya atas kenaikan peringkat dari idAA-/Stable di tahun 2022 menjadi “IdAA/Stable” pada tahun 2023 ini.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) menaikkan peringkat Sukuk Berkelanjutan I Elnusa Tahap I Tahun 2020 atas pandangan PEFINDO akan tingkat dukungan yang semakin kuat dari PT Pertamina (Persero) selaku pemegang saham pengendali terakhir. Adapun periode peringkat ini berlaku mulai dari 10 April 2023 sampai dengan 1 April 2024. Selain itu, PEFINDO juga menilai kenaikan peringkat yang dicapai Elnusa terjadi karena Elnusa memiliki kemampuan yang kuat pada pemenuhan komitmen keuangan jangka panjang.

Perolehan ini diputuskan setelah berlangsungnya serangkaian Pemantauan Pemeringkatan atas Sukuk Ijarah Berkelanjutan dan Perusahaan, yang dimulai pada 7 Maret 2023 dengan beberapa tahapan penilaian yang terdiri dari pengisian kuesioner, penyampaian data dan informasi terkini serta proyeksi keuangan jangka panjang 2023-2027.

Dalam rangka penilaian ini juga, PEFINDO melakukan Site Visit di Lokasi Kerja Elnusa pada Anak perusahaan PT Elnusa Petrofin (EPN) di Depo Liquified Petroleum Gas (LPG) Amurang pada 16 Maret 2023 lalu untuk melihat dan menilai secara langsung kondisi operasional Perusahaan. Pada akhir proses penilaian dilakukan Management Meeting PEFINDO bersama Direksi Elnusa.

Peringkat yang telah diraih Elnusa dapat terus naik apabila Elnusa menunjukkan kekuatan posisi bisnisnya. Hal itu dapat ditandai dengan pertumbuhan pendapatan dan laba yang signifikan, dengan tetap mempertahankan rasio struktur modal yang konservatif dan proteksi arus kas Perusahaan yang kuat secara berkelanjutan.

Direktur Keuangan Elnusa, Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan, Peringkat tersebut mencerminkan tingkat dukungan yang kuat dari Grup Pertamina, posisi Perusahaan yang kuat serta adanya diversifikasi pendapatan di bisnis jasa pendukung migas dan kondisi keuangan Perusahaan yang kuat.

Elnusa sebagai Anak Perusahaan, lanjut Bachtiar, yang strategis dalam mendukung aktivitas hulu Pertamina di bawah Subholding Upstream PT Pertamina Hulu Energi (PHE) termasuk eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di seluruh lokasi usaha Pertamina baik di dalam maupun di luar negeri, dan juga mendukung aktivitas hilir di bawah Subholding lainya di Grup Pertamina.

“Peningkatan peringkat yang diraih Elnusa ini sangat membanggakan dan semoga Elnusa akan terus menunjukkan pertumbuhannya ke depan. Tentunya ruang perbaikan bagi Elnusa masih lapang untuk terus tumbuh berkembang menghasilkan profit,” ucap Bachtiar. (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar