PSB RAPP 2022, Meriah Dalam Kemajemukan

kegiatan Pekan Seni Budaya 2022 yang ditaja PT RAPP

PELALAWAN (Riaubernas) - Bupati Pelalawan H Zukri, memberikan apresiasi pada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang selama ini sudah berkontribusi kepada Pemkab Pelalawan.

Melalui seluruh Paguyuban Riau Kompleks yang sudah menjaga kondusifitas, menjaga keberagaman dan menjaga kebersamaan yang makin mengokohkan persatuan di Negeri Seiya Sekata ini.

"Semua ini secara langsung atau tidak, bisa memperat silaturahmi dan memperkuat kerukunan antar umat beragama. Jadi saya sangat bangga adanya PSB yang ditaja PT RAPP karena hal ini bisa menjadi pemersatu warga. Itulah bentuk cinta kita sesama, perbedaan adalah keindahan maka satukanlah dengan cinta," kata Zukri saat pembukaan PSB 2022 di Riau Kompleks, Senin (24/10/2022).

Dalam PSB yang digelar tiap tahun di lingkugan Riau Kompleks ini, tingginya antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan Pekan Seni Budaya (PSB) Riau Kompleks yang diadakan PT RAPP, dilihat dari kemeriahan pembukaan PSB 2022 yang diiktui oleh ratusan peserta pada saat iring-iringan pawai budaya. Selama sepekan, para pengunjung dimanjakan dengan beragam atraksi seni budaya daerah.

PSB 2022 berlangsung mulai tanggal 23-29 Oktober 2022 di Lapangan Merdeka Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dengan mengangkat tema 'Sinergitas dalam keberagaman suku dan budaya di Riau Kompleks menjadikan kita Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'. RAPP sudah menggelar PSB sejak tahun 2014 silam, sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi.

Setiap paguyuban menampilkan ciri khas seni dan budayanya, seperti replika rumah adat, peragaan alat musik, aneka hidangan makanan dan sebagainya. Asisten I pun menyempatkan diri berkunjung ke setiap stan tersebut, mendengarkan ragam informasi adat budaya daerah dan mencicipi makanan khas masing-masing daerah.

Saat ini di lingkungan Riau Kompleks terdapat 11 paguyuban, Setiap paguyuban menampilkan ciri khas seni dan budayanya seperti replika rumah adat, peragaan alat musik, aneka hidangan makanan dan sebagainya. PSB biasanya berlangsung selama seminggu, acara dilaksanakan pada malam hari agar tidak menggangu jadwal kerja karyawan.

Chief Operations Officer (COO) PT RAPP Eduward Ginting mengatakan, sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang mejemuk, hal ini tercermin dari semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras dan bahasa.

"Bisa kita saksikan selama acara PSB ini berlangsung, kita melihat pertukaran seni budaya daerah tersebut ini memberi manfaat bagi warga. Betapa kaya dan banyaknya keberagaman suku dan etnis di Riau Komplek tapi tetap saling menghargai satu sama lain," ujar Edu.

PSB tahun 2022 ditutup secara resmi oleh Direktur RAPP, Ali Shabri. Dia menympaikan rasa terimakasihnya pada panitia PSB yang telah bertekuk lumus mempersiapkan dan menyelenggarakan PSB Tahun 2022 ini dengan maksimal. Di tengah kondisi dan cuaca yang tiap hari diguyur hujan, namun antusiasme para pengunjung tinggi.

Menurutnya, PSB ini tidak terlepas dari kreativitas dan kemauan seluruh warga Riau Kompleks dalam menjalin hubungan antar paguyuban yang menjadi keluarga besar Riau Kompleks.

Dia mengatakan, Management merasa bangga atas terselenggaranya PSB tahun 2022 ini karena keterlibatan semua orang dalam helat ini. Dan para senior-senior, tokoh dari masing-masing paguyuban apalagi PSB seperti hanya PT RAPP satu-satunya perusahaan yang melaksanakan hal ini di Indonesia.

"Jika kita melihat PSB ini, anak-anak karyawan merupakan generasi penerus dari budaya kita masing-masing, dimana kita sendiri para orangtua merasakan langsung kebudayaan dari tempat asal kita. Kita berharap, anak-anak kita ini tidak akan merasakan canggung atau rikuh saat berkunjung ke kampung halaman orangtuanya masing-masing," Pungkasnya (Apon)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar