Belimau Besamo Jadi Ajang Silahturahmi

BUNUT (Riaubernas)- Pemerintah Kecamatan Bunut menggelar acara mendi belimau besamo atau belimau kasai di tepian sungai kepojan, Kelurahan Pangkalan Bunut, Kecamatan Bunut, Pelalawan-Riau, dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Sebelum pelaksanaan mandi belimau pada Sabtu 2 April 2022 sore berlangsung, rangkaian acara diawali dari pelaksanaan ziarah kubur bersama, makan bersama hingga penyerahan bantuan untuk anak yatim dan yatim piatu dari kalangan Ikatan Keluarga Besar Bunut-Kerinci (IKB-Buci) dan ditutup dengan tausiah agama oleh Ustadz Rahmad Hidayat.

"Alhamdulillah pelaksanaan mandi belimau besamo ini terlaksana berkat kerjasama dari semua pihak yang terlibat dari Pemerintah Kecamatan Bunut," ungkap Sekcam Bunut, Jhon Herman, yang juga ketua panitia pelaksana dalam arahannya.

Adapun momentum mandi belimau besamo atau belimau kasai ini, tambahnya, juga merupakan agenda tahunan yang telah ditetapkan di Kecamatan Bunut. Tradisi ini akan terus dijaga agar kesakralan dalam adat istiadat menjelang pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan terasa semakin hikmad.

Selain itu, dalam sambutannya, camat Bunut Eri, S.Ag, mengungkapkan dalam pelaksanaan mandi belimau besamo kali ini, bisa menjadikan momen dan ajang silahturahmi bagi seluruh masyarakat Kecamatan Bunut khususnya.

"Yang terpenting pada acara yg hikmad ini, bisa menjikan langkah untuk mempererat silahturahmi, karena semua bisa berkumpul, baik dari perantuan dan yang ada disini," harap Eri.

Diujung acara, sebelum tanda dibukanya untuk pelaksanaan mandi belimau, Asisten III, Zulhelmi, M.Si yang mewakili Bupati Pelalawan menyampaikan bahwa ucapan selamat melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan 1443 H, yang penuh keberkahan dan berilapat gandanya amal kebaikan bagi Ummat Muslim.

"Semoga dengan acara ini kembali merajut tali silahturahmi baik jauh maupun yang dekat dan dijauhkan dari mara bahaya apapun. Mewakili Pemerintah Daerah kami selamat menjalankan puasa dan semoga makin memperbanyak amal ibasah kita semua hendaknya," harap Zulhelmi, yang juga merupakan putra Kecamatan Bunut tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut, Lurah dan Kades Sekecamatan Bunut, ketua PKK, IKB-BUCI, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan antusias masyarakat Kecamatan Bunut yang meyemarakkan mandi belimau besamo sore itu.***


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar