Ini Harapan Bupati Sintong di Peringatan 100 Tahun Wafat Leutnan Oei Hi Tam

Poto bersama di Peringatan 100 Tahun Wafat Leutnan Oei Hi Tam

ROKAN HILIR (Riaubernas) - Keluarga atau keturunan memperingati Wafatnya Leutnan Oi Hi Tam (Kapiten) Ke-100 tahun (1922-2022). Peringati dimakam Oei Hi Tam ,Senin (21/3/22) dijalan pahlawan Gang putra Bagansiapiapi

Panitia acara ,Siswaja Mulajdi menyebutkan bahwa Oei Hi Tam adalah seorang kapiten pertama kalinya di kota Ikan Bagansiapiapi. Perayaan seperti ini kata Aseng, sudah sangat wajar sebagai bentuk terima kasih atas jasa dan pengabdian kapiten.

Beberapa jasa oei hi tam diantaranya, di bidang pendidikan memprakarsai pendirian pendidikan dan bank- bank. Dimana, misalnya BRI Bagansiapiapi nomor 2 di Berdiri di Indonesia berada Bagansiapiapi.

Selain itu misalnya dibidang sosial kapiten bekerjasama perwakilan pemerintah Belanda kala itu, membuat klinik kini menjadi RSUD RM Pratomo masih kita nikmati

"Oleh Karena jasa beliau lah sudah banyak dirasakan hingga kini Sehingga peringatan ini mengingatkan kita bahwa dulu ada seorang kapitan sangat berjasa di Bagansiapiapi," jelasnya.

Dengan momen ini sebutnya, juga sebagai pernyataan kepada Pemda agar mencari data maupun fakta tentang sejarah yang telah disampaikan, jika keberadaan dan sejarah itu benar, maka sudah selayak nya Pemda memberikan penghargaan kepada beliau dan keluarga maupun keturunannya.

Dalam peringatan ini tambah Siswaja, juga dilaksanakan bakti sosial pengobatan gratis, vaksinasi serta donor darah.

Disamping itu katanya, juga ada 70 paket bantuan sosial kepada masyarakat sekitar, ritual dan doa bersama para keluarga.

Kartono huang yang merupakan salah satu keturunan oei hi tam dalam kesempatan itu menyampai ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil dan segenap unsur hadir peringatan 100 tahun wafat Kapiten Oei Hi Tam.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan mengenang sejarah 100 Tahun wafat Leutenan Oi Hi Tam

Seperti dipapar Siswaja banyak berkontribusi Kapiten  pembangunan dikota Ikan Bagansiapiapi pada waktu silam.

"Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu tentang sejarah dan pembangunan yang ia lakukan pada masa itu. Diantaranya mendirikan sekolah, rumah sakit, bank dan lainnya," katanya.

Selaku Pemerintah Daerah sebutnya, tentu menyambut baik kegiatan oleh karena memiliki nilai positif bahwa salah satu warga Tionghoa ratusan tahun lalu sudah berkontribusi turut membangun daerah ini.

"Ini sangat patut di contoh jejak generasi penerus Salah satu ada warga Tionghoa dari Rohil sudah sukses di Jakarta ia bersama-sama kawannya siap membangun jembatan Sinaboi dengan dana Rp 26 Milyar.," ungkapnya

Bupati Afrizal berharap bersama-sama masyarakat memangun daerah yang kita cintai ini. Kita doakan Semoga arwah Kapiten Oi Hi Tam ditempatkan ditempat yang layak

"Saya harapkan semakin banyak lagi muncul Kapiten Oei Hi Tam lainnya di Rohil ini," ungkapnya

Turut juga hadir Kajari Rohil Yuliarni Appy, anggota DPRD Rohil Jaskori, kepala OPD, Ketua multi marga tionghoa Rendi Gunawan, para keturunan dan keluarga Letnan Oei Hi Tam dan unsur lain (Diskominfotik )


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar