Kelompok Tani Mitra Bina Karang Taruna Lakukan Panen Raya Semangka

Ketua Karang Taruna Kabupaten Pelalawan Junaidi Purba, Camat Pangkalan Kerinci Dodi A Syahputra, Kapolsek Pangkalan Kerinci Kompol Mahendra Y Lubis saat menghadiri panen Raya semangka di Kelurahan Kerinci Barat.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Bekerjasama dengan Karang Taruna Kabupaten Pelalawan, Kelompok Tani Catur Bina Karsa melakukan panen raya semangka di Kelurahan Kerinci Barat, Senin (31/1/2022). Sebanyak lebih kurang 120 ton panen semangka dihasilkan dari lahan seluas 10 ha dari Kelompok Tani Catur Bina Karsa yang diketuai Nuryanto yang akrab dipanggil Pak Ndut ini. 

Ketua Karang Taruna Kabupaten Pelalawan, Junaidi Purba, mengatakan bahwa pihaknya selaku Ketua Karang Taruna Pelalawan memberdayakan para petani dalam usaha tani. Dan Kelompok Tani Catur Bina Karsa ini sangat terbuka dalam bekerjasama, baik dalam pembinaan dan peluang usaha dengan Karang Taruna.

"Seperti penanaman semangka ini, misalnya. Lahan ini adalah hasil kerjasama antara Karang Taruna Pelalawan dengan Kelompok Tani Catur Bina Karsa. Dengan luas lahan 20 hektar, baru 10 hektar ini yang terealisasi dan menghasilkan. Semua lahan itu merupakan kerjasama kita Karang Taruna Pelalawan dengan kelompok tani Catur Bina Karsa," kata Junaidi Purba yang akrab dipanggil Gope ini, seraya menyebutkan bahwa kerjasama dengan Kelompok Tani Catur Bina Karsa ini sudah berjalan 3 bulan. 

Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pelalawan ini menjelaskan bahwa bentuk kerjasama Karang Taruna Pelalawan dan Kelompok Tani Catur Bina Karsa ini seperti pembukaan lahan yang belum dibuka bersama-sama dibuka, saling support dan membantu dan bersama-sama membersihkan dan membuka lahan 8 hektar yang berada di lokasi ini juga. 

"Saya sebagai Ketua Karang Taruna Pelalawan sangat berharap pada Pak Ndut sebagai Ketua Kelompok Tani Catur Bina Karsa dan Pak Eri sebagai penyuluh dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, memberikan supportnya untuk adik-adik Karang Taruna. Sehingga Karang Taruna Pelalawan ini ke depannya dapat bersinergi dan berkontribusi lebih untuk kelompok-kelompok tani," tandasnya. 

Lanjutnya, selain panen semangka beberapa waktu lalu dengan kelompok tani berbeda pihaknya juga sudah panen melon dan labu. Dia menginginkan dengan adanya kerjasama seperti ini pihaknya menginginkan para pelaku usaha yang memang expert di bidangnya sehingga dapat menularkan ilmunya pada adik-adik Karang Taruna Pelalawan. 

"Kerjasama ini juga merupakan bentuk dukungan kita pada program kerja Bupati. Kita Karang Taruna adalah bagian daripada organisasi berdampingan dengan pemerintah yang harus betul-betul bersinergi untuk mensukseskan seluruh kegiatan pemerintah," tegasnya. 

Di tempat yang sama, Camat Pangkalan Kerinci, Dody A Syahputra, S.STP, menyatakan apresiasinya atas kegiatan panen Raya semangka yang merupakan kerjasama antara Karang Taruna Pelalawan dengan Kelompok Tani Catur Bina Karsa ini. Dengam adanya kerjasama ini, maka lahan-lahan tidur yang ada di Pangkalankerinci dapat dimanfaatkan maksimal sehingga dapat menghasilkan sumber ekonomi bagi masyarakat.

"Saya rasa kerjasama dalam pemanfaatan lahan tidur ini lebih efektif. Karena selain lahan juga dapat dimaksimalkan, para pelaku usaha tani juga yang terpenting bisa menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat itu sendiri," katanya. 

Lanjutnya, jika ada lahan-lahan tdur yang bisa dikerjasamakan dengan kelompik tani pihaknya sangat bersyukur karena ini dapat menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat. Karena itu, pihaknya sangat bertetimakasih dengan Karang Taruna Pelalawan yang telah memanfaatkan lahan tidur ini bekerjasama dengan Kelompok Tani Catur Bina Karsa, sehingga menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat. 

Kapolsek Pangkalan Kerinci Kompol Mahendra Y Lubis, SH, MH sendiri ditempat yang sama juga sangat mendukung adanya pemanfaatan lahan kosong yang ada di Pangkalan Kerinci untuk digunakan sebagai lahan pertanian.

"Kita lihat sendiri ada 10 hektar lahan kosong di Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat yang dimanfaatkan untuk ditanami buah-buahan Semangka dan Melon, tentunya dengan adanya penyerapan tenaga kerja dapat mengurangi angka pengangguran sehingga akan mengurangi angka kriminalitas serta bisa menjadi kekuatan ekonomi baru bagi Pangkalan Kerinci," tukasnya. (Sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar