Mantap, Menag Pastikan Kuota Haji Indonesia Ditambah 10 Ribu

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang belum kesampaian beribadah ke Tanah Suci. Pasalnya, besar kemungkinan otoritas Arab Saudi akan menambah kuota haji sebanyak 10 ribu bagi jamaah haji Indonesia.

Ini disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers di Jakarta, Senin (29/2/2016), seperti dilansir BeritaSatu.com. Menurutnya, untuk hal tersebut pihaknya akan memastikan kuota haji tambahan 10 ribu itu ke otoritas Arab Saudi, tanggal 9 Maret mendatang.

"Jadi 9 Maret nanti, saya akan ke Saudi bertemu Menteri Haji Arab Saudi guna menandatangani nota kesepahaman soal jumlah kuota haji tahun ini," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan lobi intensif soal tambahan kuota 10 ribu anggota jamaah Indonesia sehingga jumlah haji dari Indonesia bertambah pada pelaksanaan haji 2016.

"Saya akan perjuangkan 10 ribu itu karena telah dijanjikan oleh Raja Salman," tandasnya.

Namun untuk kembali normalnya kuota haji Indonesia, ia belum dapat memastikan soal itu. Pasalnya, untuk hal tersebut baru bisa terjadi jika renovasi Masjidil Haram selesai. Kenyataannya, proses pemugaran itu belum ada tanda-tanda rampung dalam waktu dekat.

"Kami perkirakan potongan 20 persen masih akan diberlakukan. Karena itu tidak akan berbeda dengan tahun lalu yaitu 168.800 porsi jamaah haji yang terdiri dari 155.200 kuota haji reguler dan 13.600 untuk haji khusus," ujarnya. (***)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar