NASA siapkan misi terbaru bak film Armageddon


Selasa,07 April 2015 - 03:59:42 WIB
NASA siapkan misi terbaru bak film Armageddon
Sebuah laporan baru mengungkapkan jika para ilmuwan NASA sedang mempersiapkan misi untuk membawa pesawat ulang alik mereka mendekati sebuah asteroid besar, seperti film Armageddon.
 
Namun bedanya, jika di film tersebut para astronot ditugaskan untuk meledakkan asteroid sebelum menghantam Bumi, maka dalam misi terbarunya ini pihak NASA berencana untuk mengambil salah satu batuan yang ada di permukaan asteroid tersebut.
 
Dilansir Softpedia (4/4), tujuan dari misi ini adalah untuk membawa contoh batu dari asteroid ini untuk ditempatkan di orbit Bulan agar bisa dianalisis oleh para astronot NASA dengan lebih mudah.
 
Misi bernama Asteroid Redirect Mission (ARM) ini nantinya disebut akan memungkinkan peneliti untuk menguji teknologi luar angkasa selanjutnya dan bisa membuka jalan bagi proyek-proyek yang lebih ambisius yang melibatkan astronot ke depannya.
 
"Asteroid Redirect Mission akan memberikan demonstrasi awal beberapa kemampuan pesawat ulang alik buatan NASA untuk memenuhi kebutuhan mengirim astronot ke ruang angkasa dengan jarak lebih jauh, dan akhirnya nanti diharapkan bisa sampai ke Mars," kata Associate Administrator NASA, Robert Lightfoot.
 
Meski sudah merencanakan proyek ini sejak saat ini, namun pihak NASA menyebutkan jika identitas asteroid yang menjadi target NASA baru akan terungkap setelah 2019 mendatang. Waktu yang cukup lama ini diperlukan untuk memilih asteroid mana yang akan dijadikan target sempurna untuk misi ini. Sebuah asteroid harus memiliki ukuran, bentuk, rotasi dan orbit yang tepat untuk NASA agar bisa mengirim pesawat ruang angkasa untuk mengambil bebatuan dari permukaannya.
 
Sebelum menempatkan batu di orbit Bulan, ilmuwan disebut akan menggunakan batuan ini untuk beberapa eksperimen. Selain itu misi ini juga berguna dalam menemukan cara terbaik untuk mengurangi dampak asteroid yang berpotensi mengarah ke orbit Bumi.
 
Disebut jika NASA menganggarkan dana hingga USD 1,25 miliar untuk mewujudkan proyek ambisius ini.

Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com