Buka Puasa Bersama dan Peringati Nuzulul Qur'an 1445 H, Kapolres Pelalawan Sebut Media Miliki Peran Penting di Pemilu 2024

Kamis, 04 April 2024 - 00:42:48 wib
Buka Puasa Bersama dan Peringati Nuzulul Qur'an 1445 H, Kapolres Pelalawan Sebut Media Miliki Peran Penting di Pemilu 2024


PELALAWAN - Polres Pelalawan menggelar berbuka puasa bersama sekaligus memperingati Nuzulul Qur'an 1445 H di aula Teluk Meranti, Kamis (4/4/2024). Dalam peringatan Nuzulul Qur'an 1445 H ini, Polres Pelalawan memberikan penghargaan pada wartawan Andy Indrayanto yang menjadi juara ke 2 dalam Lomba Cooling System yang digelar Polda Riau beberapa waktu lalu, serta jurnalis yang terlibat aktif pemberitaan selama Cooling System dalam Pemilu 2024.

Hadir dalam peringatan Nuzulul Qur'an ini selain Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH, S.iK beserta Ketua Bhayangkari Polres Pelalawan Ny. Yetty Suwinto, hadir juga Bupati Pelalawan diwakili Sekdakab Pelalawan Drs. H. Abdul Karim, Kepala Kejari Pelalawan Azrijal, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Pelalawan Benny Arisandi, SH, MH, Kepala Pengadilan Agama, Hermanto, SH.I, Dandim 0313/KPR diwakili Pabung Kapten Sugiono, jajaran PJU Polres Pelalawan dan anggota Polres Pelalawan, Ketua PWI Pelalawan Samsul Bahri, Ketua JMSI Pelalawan Erik Suhendra dan perwakilan organisasi pers lainnya.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kapolres Pelalawan itu menyatakan bukber yang dilaksanakan bersempena Nuzulul Qur'an yang dibalut jalinan silaturahmi ini sebagai bentuk ucapan terimakasih atas perjalanan Pemilu yang berlangsung secara kondusif, aman dan damai.

"Kondusifitas ini jelas tidak hanya dimiliki perannya oleh Polres Pelalawan saja, tapi semua Forkompinda diantaranya Pemkab Pelalawan, KPU Pelalawan, Bawaslu Pelalawan, TNI dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu," katanya.

Di luar itu, lanjutnya, media juga memiliki peran dalam menjalankan fungsinya sebagai alat kontrol sosial, sehingga pemberitaan hoax yang membuat situasi Pemilu tak kondusif bisa diminimalisir. Apalagi dalam konteks Pemilu 2024, Polda Riau menggelar Lomba Cooling System bagi para jurnalis sehingga pemberitaan positif seputar Pemilu menjadi begitu massif.

"Media memiliki peran yang besar di titik ini. Dan Alhamdulillah, dalam Lomba Cooling System ini Polres Pelalawan meraih juara III kategori Amplifikasi Cooling System Pemilu Damai 2024 se-Riau. Ada sebanyak sebanyak 20 ribu lebih yang terdiri dari Jurnalistik lokal ataupun Nasional, TV lokal/ Nasional, media online lokal dan Nasional bahkan media cetak yang ada di Riau. Selain itu, ada wartawan lokal media online dari Pelalawan yakni Andy Indrayanto yang berhasil meraih juara II Lomba Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Polda Riau," terangnya.

Bupati Pelalawan, H. Zukri, SE diwakili Sekda Pelalawan, Drs. H. Abdul Karim, menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Pelalawan, dikarenakan disaat yang bersamaan Bupati tengah melaksanakan safari ramadhan di Pangkalan lesung.

"Berbagai program unggulan ditelurkan dalam kepemimpinan Bupati saat ini, diantaranya santunan pada anak yatim piatu dimana saat ini Pemda telah mengucurkan milyaran rupiah setiap tahunnya untuk menyantuni 5300 anak yatim di seluruh Kabupaten Pelalawan, dimana setiap anak yatim mendapatkan 250.000 rupiah setiap bulannya," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Pelalawan memberikan santunan pada sejumlah anak yatim   laki-laki dan perempuan di Pangkalankerinci, pemberian bantuan pada purnawirawan Polri sebagai bentuk kepedulian Polri, penghargaan pada Forkompinda atas peran serta mereka dalam menjaga kondusifitas selama Pemilu 2024, pemberian hadiah pada anggota Polres Pelalawan yang menjadi juara lomba Azan yang digelar Polres Pelalawan, juga pemberian penghargaan pada Andy Indrayanto yang menjadi juara 2 dalam Lomba Cooling System dan para jurnalis yang ikut terlibat aktif dalam lomba Cooling System yang digelar Polda Riau beberapa waktu lalu. (ndy)

 

 

BERITA LAINNYA