Kukerta MBKM UNRI Adakan Sosialisasi Bullying di SDN 011 Pinang Sebatang

Kamis, 21 Desember 2023 - 23:37:10 wib
Kukerta MBKM UNRI Adakan Sosialisasi Bullying di SDN 011 Pinang Sebatang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Riau (UNRI) tahun 2023 mengadakan Sosialisasi tentang Bullying di sekolah SDN 011 Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Tim Anggota kukerta MBKM ini terdiri dari 8 orang yakni Anggi Anggara Danil, Amalia Ananda, Amelia, Chairani Asyuni, Fadhlan Maulana, Nada Salsabila, Rahmah Mei Lindra, dan Ranti Apriliani.

Ketua Kelompok Kukerta MBKM Kampung Pinang Sebatang Fadhlan Maulana mengatakan, Tujuan diadakan sosialisasi ini ialah memberikan edukasi kepada anak-anak tentang bullying sekaligus meningkatkan kesadaran tentang masalah yang ada dilingkungan masyarakat, khususnya masalah bullying.

Fadlan Maulana beserta anggota Kukerta UNRI Pinang Sebatang menilai, maraknya kasus bullying di lingkungan sekolah menggerakan mahasiswa kukerta MBKM ini untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi bullying.

"Kondisi anak-anak di desa Pinang Sebatang masih berkelompok sehingga memungkinkan untuk terjadinya bullying di kalangan anak-anak. Kegiatan diisi dengan pemaparan materi tentang bullying oleh masing-masing anggota KKN," jelas Fadlan Maulana, Jumat (8/12/2023).

Bullying sendiri merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat. Bullying mencakup tindakan sepeti memanggil nama seseorang dengan julukan yang tidak disukai, memukul, mendorong, menyebar rumor, mengancam, dan menyerang seseorang secara fisik maupun lisan.

Pada sesi tanya jawab siswa siswi SDN 011 Pinang Sebatang begitu antusias untuk menjawab pertanyaan yang diajukan untuk maju kedepan. Para guru dan anggota KKN ikut semangat melihat antusiasme dari para siswa.

Kegiatan sosialisasi ini di adakan pada 08 Desember 2023 lalu. Kegiatan dihadiri oleh seluruh siswa SDN 011 Pinang Sebatang, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu serta mendukung kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik, terutama bagi siswa-siswi SDN 011 Pinang Sebatang” ujarnya.

Kepala Sekolah SDN 011 Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Afrina menyambut baik apa yang dilakukan mahasiswa Kukerta UNRI ini.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi langkah awal pencegahan kenakalan remaja khususnya kasus pembullyan dilingkungan sekolah” ujarnya. (van) 

BERITA LAINNYA